LKMMTD Kegiatan Wajib Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unwira Kupang

92
Fransisca Caecilia Nadya Wea Mola/Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang di lokasi kegiatan LKMMTD. Foto: Dok.Pribadi

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) merupakan program wajib bagi mahasiswa baru progam studi (pordi) ilmu komunikasi (ilkom). Saban tahun, kegiatan LKMMTD wajib dilaksanakan. Kegiatan ini perlu diberikan kepada mahasiswa agar dapat menyiapkan diri sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan ini adalah serangkaian acara yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan menyelenggarakan kegiatan untuk membantu para mahasiswa agar memiliki pengetahuan sikap dan keterampilan yang dibutuhkan.

Bahakna, kegiatan ini dikemas dengan perencanaan yang bagus bersifat wajib bagi para mahasiswa. Melalui acara tersebut mahasiswa tidak hanya dilatih menjadi pemimpin yang baik namun juga dilatih soal manajemen waktu dengan baik. Juga para mahasiswa dilatih agar mengerti di situasi tertentu bisa mengambil keputusan dengan bijak dan dapat diandalkan. Sehingga, pada suatu hari nanti apabila ingin menjalankan sebuah organisasi bisa memahami.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dapat memberikan bekal sikap pengetahuan dan keterampilan dalam organisasi bagi mahasiswa di program studi ilmu komunikasi. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru yang sudah resmi menjadi bagian dari program studi ilmu komunikasi.

Mahasiswa semester 4 menjadi panitia pelaksana kegiatan LKMMTD. Seluruh rangkaian selama kegiatan mulai dari konsumsi, P3K dan lainnya diatur langsung oleh panitia dibawah
pendampingan para dosen.

Dengan diadakannya LKMMTD ini dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa dalam perjalanan menuju masa depannya masing-masing. Mahasiswa bisa mempelajari berbagai hal yang dibutuhkan dalam mengatur sebuah acara dan menangani berbagai masalah yang timbul menjadi bukti nyata dari pentingnya dilakukan kegiatan LKMMTD.

Kegiatan tersebut bakal melahirkan pemimpin yang profesional dan mempersiapkan calon-calon penerus organisasi. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan keterampilan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi agent of change melalui organisasi terutama dalam manajerial kegiatan pada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosial untuk manajemen suatu kegiatan organisasi kemahasiswaan di tingkat Jurusan, Fakultas maupun Universitas.

Latihan kepemimpinan dan manajemen mahasiswa tingkat dasar sering kali merupakan bagian dari program pengembangan soft skills yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi. Kegiatan semacam ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan kepemimpinan, manajemen tim, dan kemampuan komunikasi yang baik.

Kepemimpinan organisasi mahasiswa dapat memegang peran kepemimpinan dalam organisasi mahasiswa di bawah naungan Program Studi Ilmu Komunikasi. Ini bisa meliputi menjadi ketua atau anggota eksekutif dalam badan pengurus organisasi mahasiswa, di mana mereka bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan dan memimpin anggota organisasi.*/)Fransisca Caecilia Nadya Wea Mola/Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Center Align Buttons in Bootstrap