Ada Rindu di Wewewa untuk Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto Melaju ke Senayan

144
Dr. Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga, SH.,MH.,CLI ketika disambut masyarakat di Desa Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Selasa (6/6/2023). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

TAMBOLAKA,SELATANINDONEIA.COM – Masyarakat di Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menyatakan sikap tegas mendukung Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto Hunga, SH.,MH.,CLI untuk menjadi wakilnya di DPR RI. Rupanya warga di wilayah itu punya kerinduan khusus kepada Umbu Kabunang Rudiyanto agar bisa menjadi corong perjuangan di Senayan demi percepatan pembangunan Sumba dan NTT secara keseluruhan.

Pernyataan dukungan itu dibalut dalam semboyan “Salam Satu Sumba” yang dikumandangkan ratusan masyarakat yang hadir dalam pertemuan keluarga yang digelar di Desa Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Selasa (6/6/2023).

“Selama hampir 20 tahun saya bersama Bapak Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto di Jakarta dan telah mengabdikan dirirnya sebagai praktisi hukum membela masyarakat Sumba. Beliau punya kepedulian dan perhatian yang sangat besar bagi masyarakat khsusunya anak muda Sumba yang di perantauan. Karena kepeduliannya itu maka hari ini beliau datang menemui masyarakat untuk menyatakan kesiapannya menjadi wakil kita di DPR RI,” sebut Umbu Johny tuan rumah pertemuan keluarga tersebut.

Ia menyebut, sejak tahun 2015, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto telah membangun sebuah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sumba yang berkantor pusat di Sumba Barat Daya. Lembaga tersebut kata Umbu Johny untuk memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat Sumba yang membutuhkan pelayanan hukum. “Pak Dr. Umbu Kabunang  Rudiyanto membela perkara dalam setahun sekitar 200 lebih kasus hukum yang dialami masyarakat Sumba. Dan itu dilakukan dengan tulus tanpa biaya,” katanya.

Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto menyambut dengan penuh syukur komitmen dan dukungan yang kuat dari masyarakat di Wewewa Barat. Ia juga berkomitmen untuk menjadi wakil rakyat Sumba dan NTT di Senayan sesuai kapasitasnya sebagai seorang praktisi hukum. Umbu Kabunang Rudiyanto juga bertekad untuk terus berjuang membangun Sumba sesuai kebutuhan masyarakat yaitu di sektor pertanian, peternakan dan pariwisata.

“Sebagai anak asli Sumba dari Tanahrara Sumba Timur maka saya sangat memahami kehidupan hari-hari masyarakat Sumba dari dulu sampai sekarang. Walapun saya sudah 30an tahun keluar dari Sumba tatapi saya mengerti betul kondisi kehdiupan masyarakat Sumba mulai Pertanian, Peternakan dan Pariwisata yang sekarang mulai bangkit,” katanya.

Pengacara yang sering membela para artis dan pejabat negara di tingkat pusat dan daerah ini mengharapkan dukungan yang kuat dari masyarakat Sumba untuk bisa mengantarnya menjadi anggota DPR RI dari partai Golkar. “Kita juga mesti memilih partai yang sudah pasti punya wakil di Senayan. Ada juga partai-partai yang meskipun masyarakat kita memberikan dukungan tapi ternyata suaranya secara Nasional tidak bisa masuk di DPR RI. Ini juga membawa mala petaka bagi masyarakat yang sudah memberikan kepercayaan. Jadi kita mesti pilih partai yang suah pasti punya wakil di DPR RI,” ujar Umbu Kabunang Rudiyanto.

Ketika memasuki wilayah Wewewa Barat, Umbu Kabunang Rudiyanto disambut anak muda yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Ia diarak menuju Desa Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat. Masyarakat setempat menyambut Umbu Kabunang Rudiyanto dengan tarian dan sorak riang khas Sumba Barat Daya.

Warga masyarakat punya kerinduan yang besar agar Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto yang juga perwakilan Gereja Kristen Sumba (GKS) yang masuk dalam jajaran Pengurus PGI Pusat itu untuk menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap