Sinergi Rektor UKSW dan Dirut Bank NTT untuk SDM Berkualitas

258
Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dan Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho saat menandatangani nota kerja sama di Palacio Ballroom Aston Hotel Kupang, Senin (29/5/2023) Foto: HumasBankNTT

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Demi kemajuan sumbaer daya manusia (SDM) lebih berkualitas di Bank NTT, telah terbangun sinergi antara Bank NTT dan Univesrsitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Sinergi antara kedua lembaga itu tertuang dalam nota kesepahaman untuk kerjasama yang diteken di Palacio Ballroom Aston Hotel Kupang, Senin (29/5/2023) antara Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dan Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho.

Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho menyampaikan terimakasih atas sinergitas tersebut. Menurutnya, sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank NTT bukan saja melaksanakan fungsi intermediasi sebagai fokus dalam pelayanan, namun dalam perjalanan, fungsi intermediasi ini sangat membutuhkan dukungan kualits dan kuantitas SDM yang memiliki kompetensi skill, knowledge yang sangat memadai.

“Karena itu sebagai satu wujud kontribusi. Lalu kita buka akses agar setiap warga bisa kuliah pada strata tertentu, sehingga kami menyiapkan skim untuk kiranya nanti memfasilitasi siapa saja yang ingin melanjutkan jenjang perkuliahan baik itu S2 maupun S3 tanpa kesulitan finansial,” sebut Dirut Alex.

Dijelaskan, dalam kerjasama ini, Bank NTT akan menyiapkan pendanaan kepada siapa saja yang mau melanjutkan perkuliahan namun kesulitan dana. Masih menurutnya, tentu skim yang diadakan ini masih butuh pembenahan.

Masih terkait pembenahan SDM, harus diakui bahwa saat ini ikut berperan dalam mempersiapkan SDM di level pendidikan SMA/SMK/Sederajat, yakni melalui dukungan terhadap program vokasi ke Jerman. Terkait program ini, di hari pertama saat Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat melaunching training Bahasa Jerman, saat itu ada 60 orang anak yang sudah siap. “Kondisi hari ini sudah mencapai 90 orang dari kuota yang tersedia yakni 3.000 agar anak-anak ini bisa memiliki nilai unggul yang nantinya akan berkontribusi bagi pembangunan di NTT,” tegas Dirut Alex. Ia berharap agar program kerjasama dengan UKSW ini bisa berjalan baik.

Rektor UKSW, Prof. Intiyas Utami saat itu menambahkan, pada Senin petang itu pun dilaunchingnya program Pasca Sarjana UKSW di Kota Kupang, sehingga kedepan bagi siapa saja baik akademisi maupun masyarakat umum dan ASN yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti mengambil program magister dan doktor, bisa mendaftar. “Sementara dari sisi pembiayaan, bagi yang mengalami kendala, kita bekerjasama dengan  Bank NTT,”jelasnya.

Untuk diketahui, kesepakatan bersama antara UKSW dengan PT Bank Pembangunan Darerah Nusa Tenggara Timur itu tentang penbiayaan calon mahasiswa UKSW. Adapun nomor nota kesepahaman itu No 124/KR-NK/05/2023 dan 009/MoU-BNTT/5/2023,  pada Senin, 29 Mei 2023.  (KJR) NOTA KESEPAHAMAN. Rektor UKSW Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dan Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, saat penanatanganan nota kesepahaman untuk kerjasama antara kedua lembaga kedepan. Moment ini berlangsung Bertempat di Palacio Ballroom Aston Hotel Kupang, Senin (29/5/2023) petang.*/)HumasBankNTT/Boy

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap