Ragam Berkat untuk SMK Bunga Tanjung dari Sinergi Doris Rihi dengan Sinode GSKI

163
Penjabat Bupati Flotim Doris Alexander Rihi (kelima dari kiri) didampingi Plt Sekda Flotim Petrus Pedo Maran (ketujuh dari kiri) ketika berkunjung ke SMK Bunga Tanjung, Desa Baluk Hering, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, Rabu (17/5/2023). Foto: Prokopim Flotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Beragam berkat diperoleh siswa siswi SMK Swasta Bunga Tanjung di Desa Baluk Hering, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur. Berkat itu diperoleh lantaran sinergi harmonis antara Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi dengan Ketua Umum Sinde Gereja Suara Kebeneran Injil (GSKI) pimpinan Pdt. Dr. Erastus Sandono yang difasilitasi oleh Pdt. Johny Kilapong.

Siswa-siswi yang terisolir jauh dari akses sekolah yang dibangun pihak sewasta itu akhirnya mendapatkan bantuan 50 unit sepeda dari Ketua Umum Sinode GSKI, Pdt. Dr. Erastus Sandono yang difasilitasi oleh Pdt. Johny Kilapong. 50 unit sepeda tersebut diserahkan oleh Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi kepada para siswa siswi di sekolah tersebut pada Rabu (17/5/2023).

Rupanya tidak hanya 50 unit sepeda yang diterima siswa siswi SMK Bunga Tanjung. Hadirnya Doris Rihi yang didamingi Plt. Sekda Flotim Petrus Pedo Maran serta sejumlah Pimpinan OPD Flotim membawa berkat lain. Kesulitan listrik di SMK Bunga Tanjung selama ini teratasi dengan penambahan daya listrik, segera dibangun tower untuk akses layanan internet, serta pembukaan jaan masuk ke lokasi SMK Bunga Tanjung.

“Awalnya ketika Flotim dilanda bencana badai, ada bantauan dari Bapak Pdt. Erastus Kilaporng Sandono yang difasilitasi oleh Pdt. Johny Kilapong dari Sinode GSKI membantu sekolah-sekolah dan rumah-rumah warga yang rusak. Dalam percakapan dengan Pak Penjabat Bupati Doris Rihi bahwa mereka konsen di sekotor Pendidikan. Setelah dilakukan pendataan, ternyata SMK Bunga Tanjung yang selama ini dikelola oleh sewasta yang kondisinya mesti mendapat bantuan,” sebut Plt. Sekda Flotim, Petrus Pedo Maran kepada SelatanIndonesia.com, Sabtu (20/5/2023) di Larantuka.

Penjabat Bupati Flotim Doris Alexander Rii didampingi Plt. Sekda Flotim Petrus Pedo Maran ketika menyerahkan bantuan sepeda dari Ketum Sinode GSKI Pdt. Dr. Erastus Sandono yang difasilitasi oleh Pdt. Johny Kilapong untuk siswa siswi SMK Bunga Tanjung, Flotim, Rabu (17/5/2023). Foto: Prokopim Flotim

Pedo Maran mengisahakan, Penjabat Bupati Doris Rihi mengajak Pdt. Johny Kilapong dan tim berkunjung ke lokasi SMK Bunga Tnjung. “Memang kenyataannya sangat memeprihatinkan. Ada bangunan sekolah namun sangat memprihatinkan. Ada guru-gurunya namun sangat terbats dan minat anak-anak untuk masu sekolah sangat kecil. Jumlah rombongan belajar juga terbatas. Setelah pulang, lalu didiskusikan untuk membantu sekolah tersebut. Karena melihat kondisi sekolah tersebut an jarak tempuh anak-anak yang jauh dari rumah ke sekolah lalu mereka bantu sepeda 50 unit,” jelas Pedo Maran.

Ia mengatakan, komitmen untuk membantu sekolah ini sangat tergantung kepercayaan terhadap pemerintah. Pasalnya, pola kerja antara Pemda dan lembaga non Pemerintahana itu tergatung kepercayaan. “Dan mereka sangat percaya Pak Doris Rihi. Ternyata bukan hanya sepeda yang dibantu yang diserahkan oleh Pak Penjabat Bupati, namun ada kebutuhan mendesak lainnya di sana yaitu listrik, internet dan akses jalan masuk ke lokasi sekolah,” kata Pedo Maran.

Disebutkan Pedo Maran, pihaknya membayangkan bahwa lembaga GSKI adalah lembaga yang hanya konsen di sector pendidikan dan merupakan lembaga Gereja, namun diluar dugaan ternyata lembaga ini sudah melakukan koordiansi dengan PLN Wilayah NTT. “Kemarin langsung dilakukan survey di lokasi untuk siap dilberikan bantuan listrik karena  sebenarnya masalah di gardu yang tidak ada, ternyata segera dipasang listrik 16.000 volt dari PLN untuk SMK Bunga Tanjung. Juga dengan spontan Pak Pejabat Bupati Doris Rihi langsung menginstruksikan ke Kadis Kominfo untuk membangun tower untuk sinya internet. Bahkan, untuk akses jalan masuk ke lokasi sekolah, Pak Penjabat Bupati yang saat itu membawa eksavator dari Dinas Pertanian untuk buka jalan masuk ke sekolah sepanjang 150 meter. Pak Doris Rihi berdiri jaga sampai selesai pengerjaan jalan masuk. Jadi dalam tempo beberapa jam saja di pagi itu empat aspek disentuh dan teratasi,” ujar Pedo Maran.

Masyarakat di wilayah itu mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Penjabat Bupati Flotim dan Plt. Sekda serta para pimpinan OPD. “Bagi kami ini sangat luara bisa. Masyarakat sangat berterima kaish karena sangat bermanfaat. Termasuk ungkapan syukur dari tuan anah yang dengan suka rela menyerahkan tanah untuk dibuka jalan masuk menuju SMK Bunga Tanjung,” ujar Pedo Maran.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap