Susanti Ndapataka, Kickboxer NTT Anak Didik Umbu Rudi Kabunang Raih Perak untuk Indonesia di SEA Games

171
Kiri: Bapak Asuh Susanty Ndapataka, Dr. Umbu Rudi Kabunang dan Kickboxer asal Nusa Tenggara Timur, Susanti Ndapataka usai tampil memukau mengharumkan nama Indonesia dan NTT di ajang SEA Games 2023. Foto: URK

PHNOMPENH,SELATANINDONESIA.COM – Kickboxer asal Nusa Tenggara Timur, Susanti Ndapataka tampil memukau mengharumkan nama Indonesia dan NTT di ajang SEA Games 2023. Anak didik Pengacara Nasional asal Sumba, Dr. Umbu Rudi Kabunang itu bertanding pada babak Final Kickboxing SEA Games 2023 di Kamboja pada Nomor Women’s Low Kick 56 Kg, Selasa (16/5/2023).

Kendati Susanti Ndapataka harus menelan kekalahan dari Kickboxer Filipina De Paz Gretel, namun apresiasi yang sepantasnya harus diberikana kepada Susanti Ndapataka. Bahkan, banyak kalangan menilai, Susanti dikalahkan hanya karena keputusan wasit.

Apresisi diberikan oleh Dr. Umbu Rudi Kabunang yang menjadi orang tua asuh bagi Susanti di Kampus UKAW Kupang. “Saya sangat bangga dengan penampilan anak didik saya Susanti Ndapataka. Meskipun hanya mendapatkan medali Perak, namun Susanti telah menampilkan permainan yang sangat menarik,” sebut Umbu Rudi Kabunang kepada SelatanIndonesia.com, Selasa (16/5/2023).

Umbu Rudi Kabunang agar Pemerintah Provinsi NTT memberikan penghargaan khusus untuk Susanti Ndapataka. “Semoa Pemda NTT, Pak Gubernur dan Wagub NTT bisa memberi apreasi dengan mengangkat Susanti sebagai PNS di Pemprov NTT, jika dipandang itu bisa dilakukan. Karena Susanti ini sangat berprestasi mengharumkan nama NTT dan Indonesia di tingkat dunia,” ujar Umbu Rudi Kabunang.

Untuk diketahui, Susanti Ndapataka merupakan atlet peraih Medali Emas untuk NTT dari Cabor Muaythai di PON XX Papua tahun 2021 lalu. Di SEA Games 2023 di Kamboja, Susanti Ndapataka berhasil melaju ke babak Final setelah mengalahkan Kickboxer Vietnam Hoa Dinh Thi di Nomor Women’s Low Kick 56 Kg.

Dilansir dari Victorynews.id, Susanti Ndapatakan saat ini tercatat sebagai mahasiswi semester IV Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Universitas Kristen Artha Wacana atau UKAW Kupang. Selain itu, Susanti Ndapataka juga tercatat sebagai tenaga kontrak pada Dinas Pemuda dan Olahraga atau Dispora NTT.

Diberitakan SelatanIndonesia.com, Rudi Kabunang mewujudkan impian besar Susanti Ndapataka untuk menggapi gelar Sarjana jurusan Olahraga. Rudy memberikan apresiasi kepada Susanti dengan memberikan bonus biaya selama kuliah di UKAW Kupang hingga meraih gelara sarjana Olahraga.

Senin (11/10/2021), Susanti Ndapataka resmi diterima menjalani perkuliahan di Jurusan FKIP Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, dengan memilih program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Berkas dan kelengkapan administrasi Susanti dibawa oleh Erna Hunga dan pelatihnya Angga Silitonga. Berkas tersebut diterima secara resmi oleh Ketua Yayasan UKAW Kupang, Umbu Saga Anakaka serta wakil rektor bidang akademik, Magdalena Ngongo.

Kepada SelatanIndonesia.com, Susanti mengaku sangat berterimakasih karena cita-citanya melanjutkan pendidikan tinggi akhirnya terkabul. Dia meminta terima kasih kepada Unkris yang telah mengakomodirnya sebagai mahasiswa. “Terima kasih Unkris telah menerima saya dengan senang hati disini, untuk melanjutkan pendidikan disini,” katanya.

Ungkapan syukur dari Susanti juga disampaikan kepada Rudy Kabunang, yang dengan sukarela sebagai orang tua asuh telah peduli terhadap masa depannya. “Untuk Pak Rudy yang sudah mengapresiasi, saya sangat berterima kasih karena telah membiayai kuliah saya disini, saya banyak banyak berterima kasih karena bapak sudah berbaik hati untuk saya,” ujar Susanti.

Ketua Yayasan UKAW Kupang, Umbu Saga Anakaka menyambut gembira kehadiran Susanti Ndapataka. Menurutnya, Susanti akan menambah daftar atlet terbaik NTT yang berasal dari UKAW Kupang. “Kami akan urus lebih lanjut Susanti sebagai mahasiswa baru disini. Untuk selanjutnya karena saya sudah hubungan langsung dengan orang tua asuh Pak Rudy Kabunang, sehingga Susanti tinggal belajar saja sampai sarjana. Segala urusan biaya itu urusan orang tua asuh dan pihak Unkris,” ungkap Umbu Saga Anakaka.

Erna Hunga yang mewakili orang tua asuh Susanti mengatakan, pembiayaan kuliah tersebut merupakan apresiasi Rudy Kabunang atas prestasi yang ditorehkan oleh Susanti. “Harapan dari kak Rudy kepada Susan agar belajar yang tekun, terus berprestasi di kancah nasional maupun Internasional, agar nama NTT makin dikenal lebih luas,” tutup Erna.

Sebelumnya diberitakan, Pengacara muda asal Pulau Sumba di Jakarta, Rudy Kabunang, siap memberikan bonus berupa biaya kuliah bagi atlet Muangthay asal NTT yang meraih medali Emans di PON XX Papua. “Susanti adalah anak NTT yang mengharumkan nama Provinsi NTT di tingkat Nasional. Saya membaca berita dia media, dia punya cita-cita dan keinginan untuk bisa kuliah. Tetapi karena keterbatasan ekonomi keluarganya sehingga tidak ada biaya untuk kiluah sejak lulus SMA tahun 2017,” sebut Rudy Kabunang kepada SelatanIndonesia.com, Kamis (7/10/2021).

Rudy mengaku sudah berkomunikasi langsung via telpon dengan Susana dan menyampaikan kondisi keluarga dan cita-citanya. “Susan senang mendapat perhatian dan bantuan, dan saya akan biayai kuliahnya sampai selesai sarjana,” ujar Rudy.

Atlet peraih medali emas di PON XX Papua pada cabang Muaythai, Susana Ndapataka yang dihubungi mengaku sudah dikontak oleh Rudy Kabunang. “Ya, memang tadi sempat ditelpon langsung oleh Pak Rudy. Jika jadi kuliah, maka yang pasti saya ambil kesempatan kuliah di dekat-dekat Kupang,” katanya. Di dunia olahraga, Susana punya impian untuk bisa berlaga di Sea Games. “Kalau dikasih kesempatan oleh Tuhan, semoga saya bisa bermain di Sea Games mendatang,” ujarnya.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap