Mengenal Bacaleg Golkar DPRD Flotim Dapil IV, dari Mantan Kadis, Komisioner KPU Hingga Kades

705
Para Bacaleg DPRD Flores Timur dari Dapil IV yang diusung Partai Golkar. Ajis Tupen Peka, Bernad Beda Keda, Paulina Theresia Aviela Wolowutun, Fatimah Ina Duli dan Basir Kebesa Raya. Foto: Dok.Golkar Flotim

ANDONARA,SELATANINDONESIA.COM – Partai Golkar Kabupaten Flores Timur telah resmi mendaftarkan 30 kader terbaik untuk melajut ke Gedung DPRD Kabupaten Flores Timur. Para petarung partai berlambang pohon beringin itu menyebar di tujuh (7) daerah pemilihan (dapil) di seluruh wilayah Flores Timur. Ketika didaftar di KPU Kabupaten Flores Timur, Sabtu (13/4/2023) pengurutan para bacaleg ini menggunakan metode alfabetis. Nomor urut tetap untuk para bacaleg akan ditetapkan secara resmi oleh hirarki Partai Golkar dikemudian hari.

Di dapil IV Kabupaten Flores Timur yang meliputi Kecamatan Adonara, Klubagolit dan Witihama teralokasikan lima kursi DPRD. Golkar mengutus lima kadernya untuk bertarung di medan juang. Ada mantan Kepala Dinas, Mantan Birokrat, Mantan Komisinoner KPU Flotim, juga ada mantan Kepala Desa dan aktivis perempuan. Mereka yang diutus itu diantaranya, Ajis Tupen Peka, Basir Kabesa Raya, Bernadus Beda Keda, Fatimah Ina Duli, dan Paulina Theresia Aviela Wolowutun.

Ajis Tupen Peka

Mantan Komisioner KPU Kabupaten Flores Timur selama 10 tahun ini memilih ladang pengabdian kepada rakyat lewat Partai Golkar. Ia menilai Partai Golkar adalah parpol modern yang tampil dengan paradigma baru dan doktrin “Karya Kekaryaan”. “Partai Golkar sebagai partai Nasional Religius yang tidak menginginkan bangsa ini terpecah ke dalam kotak-kotak sempit yang akan mengancam keutuhan bangsa. Ini yang menjadi alas an saya memilih bergabung ke Partai Golkar,” sebut Ajis Tupen Peka kepada SelatanIndonesia.com, Selasa (16/5/2023).

Ajis membina basis dukungan di Kecamatan Adonara, Klubagolit dan Witihama sejak bergabung dengan Partai Golkar pada 21 September 2021. “Jika mendapat Amanah, maka dengan Karya Kekaryaan Partai Golkar akan bersama masyarakat untuk terus mengembangkan dan memberdayakan masyarakat melalui pendekatan sistim kebijakan publik (public policy). Ini adalah Kesiapan dan Keberpihakan untuk merealisasikan program kerakyatan bersama Partai Golkar,” kata Ajis suami dari Hj. Siti Aminah Arif.

Basir Kabesa Raya

Ia dipercayakan masyarakat menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Pepageka, Kecamatan Klubagolit sejak tahun 2015 sampai tahun 2023. Setelah selesai menjalani amanah sebagai Kepala Desa, Basir Kebesa Raya memilih menjadi calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Flores Timur melalui Partai Golkar.

Basir Kebesa Raya menilai, Partai Golkar memiliki jaringan kuat ke atas  dan ke bawa, ke kiri dan ke kanan. Bahkan Golkar selalu hadir membawa bukti. “Dengan perpolitikan membanun yang diusung Partai Golkar, membuat kita muda diterima semua kalangan masarakat,” katanya.

Dia bahkan bakal membawa aspirasi utama masyarakat yang diwakilinya yaitu memperkuat posisi kaum tani untuk menciptakan banyak lapangan         kerja dan memperkuat ketahanan pangan.

Bernad Beda Keda

Sosok yang satu ini tidak asing lagi bagi masyarakat Flores Timur khususnya kalangan guru-guru dan siswa hingga ke pelosok desa. Dia meniti karis sebagai birokrat tulen. Jabatan terakhir yang diembaninya adalah Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga(PKO) Kabupaten Flotim yang berkahir pada 1 Januari 2021.

Rupanya ketika masih menjabat sebagai Kadis PKO Flotim, mantan aktivis API Reinha Rosari, Mahasiswa Katolik Dioses Larantuka-Kupang ini sudah melirik Partai Golkar. “Lima tahun terakhir dalam jabatan sebagai Kadis, saya sudah ada niat bahwa ketika purna bakti nanti saya akan terjun ke dunia politik. Dan ketika itu ada berberapa partai politik juga mulai mengajak untuk bergabung kalau saat pensiun nanti. Saya akhirnya memilih bergabung denga Partai Golkar. Parati besar punya nama dalam sejarah perjuangan politik bangsa, Penguasa Orde Baru,” sebut Bernad Beda Keda.

Ia punya pendsaran yang kuat Ketika memilih bergabung dengan Partai Golkar. “Birokrat ini sesungguhnya dilahirkan oleh Golkar kala itu dengan sebutan ABRI, BIROKRAT dan GOLKAR (ABG),” katanya.

Ia diterima resmi oleh Partai Golkar Flotim pada tanggal 20 Oktober 2021 dalam sebuah apel penutupan kegiatan HUT Golkar yang dipimpin oleh Ketua DPD 2 Partai Golkar Flotim Yosep Sani Betan bertempat di ruang rapat Sekretariat Partai Golkar Flotim.

“Saat itu Ketua DPD 2 mengenakan jas kuning kebesaran Partai Golkar kepada saya sebagi tanda resmi masuk menjadi anggota Golkar Flotim. Dalam perjalanan bersama Golkar kurang lebih setahun, ada revitasasi kepengurusan dalam tubuh Golkar Flotim. Saya juga diberi jabatan struktural partai sebagai Wakil Ketua DPD 2 Partai Golkar Flotim Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Adapun karena kevakuman Pimpinan Partai Golkar Kecamatan Witihama, maka dalam Muscamlub, saya terpilih sebagai Pimpinan Kecamatan Partai Golkar Witihama pada 25 Maret 2023,” jelas Bernad Beda Keda.

Ia bahkan diakomidir sebagai Caleg DPRD Flotim dari Dapil 4. Bernad Beda Keda ingin memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam mimpi besar. “Pertama ingin membesarkan Partai Golkar dan merebut kembali kejayaan Partai Golkar pada umumnya dan Flores Timur pada khususnya. Dan, selalu ada bersama masyarakat dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Juga menjalin kemiteraan dengan Pemerintah dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan Daerah. Serta menyiapkan kader-kader muda Golkar kedepan,” jelasnya.

Fatimah Ina Duli

Wanita cerdas kelahiran Lambunga, 24 September 1961 ini adalah penisunan birokrat Flotim. Golkar sebagai partai besar dan sangat Pancasilais serta sangat terbuka, serta memiliki segudang sejarah dalam pengalaman Membangun Indonesia menjadikannya jatuh cinta dan bergabung Bersama Partai Golkar.

Selain itu, faktor kedekatan dengan Ketua DPD Partai Golkar Flores Timur Yosep Sani Betan yang mengajaknya bergabung dengan Partai Golkar dalam kapasitas saya sebagai Wakil Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK) Kabupaten Flores Timur sejak tahun 2021.

“Saat itu, belum terpikirkan kalau suatu saat di tahun 2023 ini, Partai Golkar merancang strategi besar penjaringan figur-figur Bakal Calon Legislatif yang akan dibekali Pengetahuan Lebih dan Lebih dipersiapkan matang dalam dinamika kerja Organisasi besar Partai Golkar. Selama saya bergabung di Partai Golkar, ternyata Partai Golkar mempunyai banyak Program yang langsung dirasakan dan dinikmati manfaatnya oleh masayarakat kecil, seperti program UMKM dan program Bedah Rumah yang tidak layak huni milik masyarakat kecil yang disponsori oleh Bapak Melchias Markus Mekeng. Serta perhatian Pak Melki Laka Lena dalam berbagai program kepada masyarakat tidak ada di partai lain,” jelas Ina Duli.

Ia mengaku bangga lantaran termasuk satu dari sekian banyak figur yang dijaring menjadi bacaleg DPRD Kabupaten Flotim. “Jadi sudah 3 tahun saya masuk dan bergerak bersama dalam dinamika organisasi besar Partai Golkar. Dan melalui Partai Golkar Flores Timur dipersiapkan untuk bertarung dalam Pesta Demokrasi di Tahun 2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Flores Timur IV,” katanya.

Ina Duli mengatakan, dalam pengalamannya bergabung dengan Partai Golkar selama 3 tahun terakhir, ada hal positif yang diperolehnya. “Saya semakin lengket dengan politik, semakin lengket dengan  arti dan makna jalur aspirasi dan perjuangan. Dan  lebih khusus lagi  saya semakin mantap dan matang memahami, ternyata begitu penting keterwakilan kaum perempuan yang harus bisa hadir dalam ruang olah kebijakan bersama Pemerintah yaitu dalam sidang-sidang DPRD Kabupaten Flores Timur,” ujarnya.

Bahkan, sebagai seorang Perempuan Lamaholot, yang pasti ia akan memperjuangkan hak-hak Perempuan Lamaholot di Bale Gelekat Lewotana. “Dalam pantauan kami selama masih aktif sebagai PNS, jarang sekali ada kebijakan yang menyentuh secara mendalam kepentingan perempuan, tapi hanya dibicarakan sepintas.

“Dengan membawa panji kebesaran Golkar, saya akan menghimpun semua kekuatan rakyat, semua kekuatan kaum Perempuan  di Dapil IV, menghimpun semua kekuatan dan kepercayaan dari semua warga masyarakat pemilih di Dapil IV yang sudah sadar bahwa perempuan Lamaholot khususnya perempuan Adonara harus hadir dan duduk bersama membahas setiap kebijakan daerah bersama kaum laki-laki. Harus ada Perempuan Adonara dari Dapil IV yang bisa dan mampu secara ilmiah namun dinamis dan selalu terbuka untuk merancang, mendiskusikan dan mengawal program-program aspirasi kaum Perempuan dari Dapil IV  untuk ditetapkan menjadi kebijakan daerah demi kemaslahatan kaum Perempuan Lamaholot di Bale Gelekat Lewotana,” ujar Ina Duli penuh optimisme.

Paulina Theresia Aviela Wolowutun

Aktivis perempuan dari Desa Duamuda, Kecamatan Klubagolit ini bersama pasangan hidupnya Polsenon Niron aktif di Partai Golkar Kabupaten Flores Timur. Ia memilih bergabung dengan partai Golkar lantaran menurutnya, Golkar adalah partai yang mampu membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat.

“Saya bakal memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak-anak di wilayah dapil IV Flotim jika dipercayakan menjadi anggota DPRD Flotim,” ujar Paulina.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap