408 Bacaleg Rebut 30 Kursi DPRD Flotim, Tiga Parpol Tidak Daftar

698
Ketua KPU Flores Timur, Kornelis Abon Tabi (kelima dari kiri) ketika menyerahkan Berita Acara penerimaan berkas Bacaleg dari Ketua DPD II Golkar Kabupaten Flotim Yosep Sani Betan saat pendaftaran di KPU Flotim, Sabtu (13/5/2023). Foto: SelatanIndonesia.com/Eman Mawar

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Sebanyak 408 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) mendaftar di KPU Kabupaten Flores Timur hingga waktu penutupan yang dibuka sampai 14 Mei 2023, Pukul 23.59 Wita. Dari seluruh partai politik peserta pemilu 2024, ada tiga parpol yang tidak mengajukan bacaleg di KPU Flotim. Tiga Parpol tersebut adalah Partai Umat, Partai Garuda dan Partai Buruh.

Ketua KPU Kabupaten Flores Timur, Kornelis Ambon Tabi kepada SelatanIndonesia.com, Senin (15/5/2023) menyebut, dari 14 parpol yang mengajukan bacaleg, tercatat sebanyak 408 orang. “Rinciannya 270 bacaleg laki-laki dan 138 bacaleg perempuan,” sebut Kornelis Abon.

Disebutkan, setelah berkas para bacaleg dari 14 propol itu diterima, selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi. “Sesuai jadwal, per hari ini kami rekapitulasi penerimaan berkas pengajuan bakal calon untuk seterusnya dibawa ke ruang verifikasi administrasi. Verifikasi administrasi mulai dilakukan 15 Mei sampai 23 Juni 2023,” jelas Kornelis Abon.

Dijelakan Kornelis Abon, Progress Pendaftaran Bacaleg di KPU Flotim diantaranya, pada tanggal 10 Mei 2023 dari Partai Hanura dinyatakan diterima. Tanggal 11 Mei 2023 dari Nasdem dan PDI Perjuangan dinyatakan diterima. Dan pada tanggal 12 Mei 2023 dari PAN dinyatakan diterima. “Pada tanggal 13 Mei 2023 dari Partai Golkar, PBB, PKB, PKS, Partai Perindo dan PKN dinyatakan diterima. Sedangkan pada 14 Mei 2023 dari Partai Gerindra, Partai Demokrat dan PSI dinyatakan diterima. Partai Gelora sempat terkendala di silon bahwa berkas yang diajukan manual setelah dilakukan pemeriksaan, dinyataan lengkap dan diterima. Dan, PPP  berkas dikembalikan, dan tidak dilanjutkan pemeriksaan,” jelas Kornelis Abon.

Ia menambahkan, Parpol yang tidak ajukan bacaleg adalah Partai Ummat, Partai Garuda dan Partai Buruh. “Untuk PPP, Partai Garuda, Partai Ummat, dan Partai Buruh tidak kami ikutkan dalam tahap verifikasi admin,” sebut Kornelis Abon.

“Berkas Partai Gelora dinyatakan diterima dan WAJIB mengunggah data dan dokumen surat pengajuan, daftar bakal calon dan persyaratan administrasi bakal calon paling lambat 2 x 24 jam setelah dokumen pengajuan dinyatakan diterima pada  jam 07.55 Wita,” pungkas Kornelis Abon.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap