Berkah Semana Santa Bagi Pelaku UMKM Flotim, Transaksi Tembus Rp 15 M

548
Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi ketika memantau langsung jalannya Prosesi Laut dalam rangkaian Semana Santa Larantuka di selat antara Larantuka dan Pulau Adonara, Jumat (7/4/2023). Foto: ProkompimFlotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Rangkaian Prosesi Semana Santa di Kabupaten Flores Timur telah usai. Beragam kesan dan manfaat religius dirasakan para pesiarah yang datang dari berbagai pelosok bumi.

Tidak hanya itu, geliat ekonomi bagi Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) selama prosesi Semana Santa mengalami lonjakan signifikan selama sepekan silam.

“Catatan sementara roda perekonomian kita mengalami kenaikan yang signifikan dan memberikan harapan besar bagi masyarakat Flores Timur,” sebut Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Disebutkan Doris Rihi, pertumbuhan ke arah yang baik pada perputaran roda perekonomian ini tidak lepas dari fakta peredaran uang di Flores Timur selama prosesi Semana Santa yang mencapai Rp15 M.

“Hitungan sementara, putaran uang yang di Flotim selama Semana Santa capai Rp15 M lebih.  Data itu saya dapatkan dari Dinas Perindag Flotim dari 25 ribu peziarah dan umat yang ikut prosesi Semana Santa,” ujar Doris Rihi.

Dikatakan, jumlah tersebut bisa akan bertambah karena ada beberapa aspek lain yang belum dihitung seperti lilin-lilin yang terjual dan lainnya. “Prospek ke depan, prosesi Semana Santa ini harus kita evaluasi lagi agar pelaksanannya bisa lebih baik lagi,” katanya.

Doris Rihi memberikan apresiasi dan rasa syukur atas keterlibatan semua pihak menyukseskan Semana Santa tahun 2023. “Puji syukur  kepada Tuhan dan Lewotanah  atas berkat campur tangan hingga suksesnya kegiatan sakral Semana Santa  dengan aman dan damai. Ucapan yang sama saya sampaikan kepada Yang Mulia Bapa Uskup Larantuka, Bapa Raja Larantuka, Bapak Gubenur NTT, Bapak Wagub NTT, Ibu Ketua DPRD NTT, Bapak Kapoada NTT, Bapak Danrem 161 Wiraskti beserta jajar, baik Polres Flotim juga Kodim 1624 Flotim serta Basarnas,  Danlanal Maumere. Juga semua panitia Semana Santa dan seluruh masyarakat Flotim yang turut mengambil peran dalam kegiatan Semana Santa sampai hari raya Paskah. Terima kasih atas semua pengorbananm,” sebut Doris Rihi.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pesiarah yang dating dari berbagai penjuru dunia untuk mengikuti Semana Santa. “Harapan saya, semoga tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya penyelenggaraan Semana Santa bisa lebih baik lagi dan membawa dampak dan manfaat besar bagi masyarakat Flores Timur. Hohon maaf kepada para pesiarah jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama berada di Flotim,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena dan keluarga serta Ketua DPD II Golkar Flotim Yosep Sani Betan dan rombongan ketika dalam pelayaran dari Larantuka menuju Wure, Adonara Barat dalam rangakaian perayaan Semana Santa Larantuka, Jumat (7/4/2023). Foto: Dok.Golkar Flotim

Melki Laka Lena, Siarah Terakhir 31 Tahun Silam

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena merupakan salah satu dari puluhan ribu pesiarah Semana Santa tahun 2023. “Pengalaman ikut Semana Santa tahun ini, terakhir ikut kelas 3 SMPK Ndao, 31 tahun lalu sangat bermakna. Acara semarak, meriah dan khidmat. Baru berjalan tahun ini setelah berhenti 3 tahun,” sebut Melki Laka Lena.

Ketua DPD I Golkar NTT ini mengaku mendapatkan pengalaman iman yang luar biasa bersama keluarganya.  “Kebersamaan yang terjalin baik selama Semana Santa, kita rawat dan kembangkan makin baik perayaan ini dari waktu ke waktu. Terima kasih Pak Penjabat Bupati Flotim, Ama Doris Rihi dan jajaran, juga teman-teman pengurus Partai Golkar Flotim dipimpin Ama Nani Betan bisa bertemu Bapa Uskup dan teman-teman handai taulan dari berbagai daerah, dari pusat dan manca negara mengalir apa adanya,” ujar Melki Laka Lena.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap