Bank NTT Sabet Predikat Terbaik Paritrana Award Kategori Perusahaan Besar Sektor Keuangan, Perdagangan dan Jasa

642
Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank NTT, Hilarius Minggu ketika menerima anugerah Paritrana Award dari Deputi Direktur Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali, Nusa Tenggara dan Papua, Kuncoro Budi Winarno di Palacio Ballroom Hotel Aston Kupang, Senin (27/3/2023). Foto: Ogan/BankNTT

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) kembali menorehkan prestasi gemilang. Melalui tangan dingin Direktur Utama (Dirut) Harry Alexander Riwu Kaho, Bank NTT meraih predikat terbaik Paritrana Award untuk kategori Perusahaan Besar Sektor Keuangan, Perdagangan dan Jasa.

Paritrana Award merupakan suatu upaya strategis untuk mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di suatu daerah. Paritrana Award adalah penghargaan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kementrian Ketenagakerjaan RI dan BPJS Ketenagakerjaan.

Penganugerahan Paritrana Award untuk Bank NTT diberikan oleh Deputi Direktur Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali, Nusa Tenggara dan Papua, Kuncoro Budi Winarno kepada Dirut Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho yang diwakili oleh Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank NTT, Hilarius Minggu.

Penganugerahan tersebut berlangsung Senin (27/3/2023) di Palacio Ballroom Hotel Aston Kupang. Ajang tersebut merupakan momentum pemberian penghargaan oleh  Presiden Republik Indonesia kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, dan Pelaku Usaha meliputi perusahaan skala besar – skala menengah, usaha sektor layanan publik dan usaha mikro, yang mendukung penuh pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi yang hadir dalam momentum tersebut mengatakan, jaminan sosial sebagaimana telah dijamin dalam deklarasi ILO, menganjurkan semua negara untuk bisa memberikan perlindungan minimum kepada setiap tenaga kerja. Itu pasalnya, Wagub Nae Soi meminta kepada seluruh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional di NTT untuk dapat memberikan perlindungan sosial yang menyeluruh dan terpadu dengan mempertimbangkan sebaik-sebaiknya orang yang bekerja dengan penuh dedikasi dan bertanggung jawab.

Wagub Nae Soi menambahkan, melalui Paritrana Award diharapkan pemerintah daerah dan badan usaha/perusahaan terus memberikan dukungan terhadap implementasi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, agar dapat mewujudkan Universal Coverage perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menuju keadilan dan kesejahteraan sosial.

“Saya memberikan apresiasi kepada Tim Sembilan, yang telah bekerja dengan dengan sangat baik dalam tahapan verifikasi dokumen serta wawancara dan selanjutnya telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor : 23/Kep/HK/2023 tentang pemberian penghargaan kepada para pemenang Paritrana Award Tahun 2022 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur kali ini,” sebutnya.

Politisi senior Partai Golkar yang pernah menjadi anggota DPR RI dua periode ini memberi ucapan selamat kepada para pemenang Paritrana Award Tahun 2022. Ia berharap dengan diraihnya penghargaan Paritrana Award dapat meningkatkan peran aktif, kesadaran, serta kepatuhannya terhadap pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi Tenaga Kerja di NTT.

Deputi Direktur Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali, Nusa Tenggara dan Papua Kuncoro Budi Winarno mengatakan, Paritrana Award merupakan suatu upaya strategis untuk mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di suatu daerah.

“Paritrana Award merupakan penghargaan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” sebutnya.

Winarno mengharapkan dengan adanya Paritrana Award dapat meningkatkan kesadaran dari pemerintah daerah  dan pemberi kerja akan pentingya jaminan sosial. Pemerintah dan pemberi kerja berperan penting dalam pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di setiap daerah. Pemerintah berperan penting dalam menerbitkan regulasi, sedangkan pemberi kerja juga berperan penting melalui komitmennya untuk mendaftarkan seluruh tenaga kerja.

Ada 15 (lima belas) Penghargaan Paritrana Award Tahun 2022 Tingkat Provinsi NTT yang terbagi kedalam 7 kategori, yaitu Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, Perusahaan Besar Sektor Keuangan, Perdagangan dan Jasa, Perusahaan Besar Sektor Manufaktur, Pertambangan, dan Migas, Perusahaan Besar Sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Perikanan, Perusahaan Menengah, Perusahaan Kecil Mikro dan Pelayanan Publik.

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2017, Paritrana Award tahun 2022, telah memasuki tahun keenam dengan periode penilaian dari bulan Januari – Desember 2022. “Pada hari ini merupakan ajang tingkat provinsi yang nanti akan diperlombakan lagi di tingkat regional dan Nasional. Paritrana Award menjadi bukti hadirnya pemerintah untuk rakyat,” ujar Kuncoro Budi Winarno.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank NTT, Hilarius Minggu kepada SelatanIndonesia.com usai menerima Paritrana Award mengatakan, Bank NTT telah membina dan memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 10.000 pelaku UMKM di NTT. Bahkan, Bank NTT memberikan jaminan sosial keteneagakerjaan tersebut dengan nilai uang mencapai Rp 504 juta.

“Seluruh pelaku UMKM Binaan Bank NTT termasuk agen-agen Laku Pandai Bank NTT kita kerja sama dan memberikan jaminan ketenagakerjaan. Karena jumlah kita terbanyak maka kita juara satu,” sebut Hilarius Minggu.

Ia mengharapkan, dengan Paritrana Award ini para pelaku UMKM lebih tenang dan nyaman dalam melakukan pengembangan usahanya. “Mereka akan lebih nyaman dan lebih terjamin karena dilindungi dengan jaminana sosial ketenagakerjaan. Dan kita sudah jalan sekitar 4 tahun,” sebutnya.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap