Berkat Perjuangan Komisi IX DPR RI, Tahun ini TTS Dijatahi 5 Puskesmas Prototipe dan 109 Pustu

835
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten TTS. Nahad Baunsele.

SOE,SELATANINDONESIA.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tahun 2023 ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Kabupaten yang kini dipimpin Bupati Epy Tahun itu mendapat jatah pembangunan berupa 5 unit Puskesmas dan 109 unit Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Tahun ini kita mendapatkan suport yang luar biasa dari Pemerintah Pusat berupa 5 unit Puskesmas Prototipe dan 109 unit Puskesmas Pembantu (Pustu),” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS dr. Ria Tahun melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Nahad Baunsele diruang kerjanya Rabu (15/3/2023).

Dinas Kesehatan Kabupaten TTS lanjut Nahad,  merasa perlu untuk berterima kasih kepada pemerintah pusat dan DPR RI Komisi IX atas perjuangan dan perhatian di bidang Kesehatan berupa fasilitas kesehatan. “Kita perlu berterima kasih untuk pemerintah pusat dan Komisi IX DPR RI atas perhatian di bidang kesehatan berupa fasilitas kesehatan di TTS,” ujar Nahad.

Nahad Baunsele menguraikan lima unit Puskesmas Prototipe berlantai dua tersebut akan dibangun di Lilana Kecamatan Nunbena, Puskesmas Bati di Kecamatan Mollo Utara, Puskesmas Binsos Kecamatan Mollo Tengah, Puskesmas Oeekam di Kecamatan Amanuban Timur dan Puskesmas Ayotupas di Kecamatan Amanatun Utara. Sedangkan untuk 109 unit menyebar di 109 desa.

“Saat ini tim sedang menyusun perencanaan dan saya berharap akhir bulan Maret ini sudah bisa kita naikan ke ULP,” katanya.

Untuk pembangunan Puskesmas Prototipe Kualin hingga saat ini proggressnya sudah mencapai 99% dan direncanakan dalam Minggu ini akan dilakukan PHO. “Kalau pembangunan Puskesmas Kualin progres sampai dengan saat sudah mencapai 99%. Kami rencanakan Minggu ini sudah akan dilakukan PHO,” pungkas Nahad.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena yang dikonfirmasi SelatanIndonesia.com, Jumat (17/3/2023) membenarkan informasi tersebut. “Benar, itu hasil perjuangan Komsisi IX DPR RI lintas partai. Kami rame-rame mendorong dan memperjuangkan agar pemerintah pusat memberikan perhatian serius untuk masalah Kesehatan di NTT terutama di Kabupaten TTS,” sebut Melky Laka Lena.

Ketua DPD I Golkar NTT itu menyebut, pimpinan dan anggota Komisi IX DPR RI dari lintas partai politik punya komitmen yang sama untuk terus mendorong Kementrian Kesehatan agar memperhatikan sektor kesehatan di NTT. “Harapan Komisi IX agar semua proses bisa berjalan baik dan lancar. Semua pihak yang terlibat dalam pembangunan 5 Puskesmas Prototipe dan 109 Pustu di TTS itu agar mematuhi semua aturan main yang berlaku dengan mengedepankan kualitas dan azaz manfaat untuk masyarakat,” katnya.*/)Paul Papa Resi

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap