PPK Urganteng Sumba Tengah Bimtek PPS untuk Coklit Pemilu 2024

151
Anggota KPU Kabupaten Sumba Tengah Korwil Umbu Ratu Ngay Tengah, Edy Sagabulang pose bersama Camat Urganteng Ignasius Umbu Sabaora dan Ketua PPK Urganteng Asrin Rambu Ata Djama serta Ketua dan Anggota PPS se Kecamatan Urganteng usai Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Daftar Pemilih dan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu 2024, Kamis (9/2/2023) di Kantor Camat Urganteng, Kabupaten Sumba Tengah. Foto: Dok.KPUSumTeng

WAIBAKUL,SELATANINDONESIA.COMKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Tengah kini gencar menjalankan berbagai agnda dan tahapan Pemilu. Kini, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Umbu Ratu Ngay Tengah (Urganteng) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Daftar Pemilih dan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu 2024, Kamis (9/2/2023).

Bimtek tersebut digelar di aula Kantor Kecamatan Umbu Ratu Ngay Tengah. Turut hadir Anggota KPU Sumba Tengah Edy Sagabulang, Camat Umbu Ratu Ngay Tengah Ignasius Umbu Sabaora, serta Ketua dan Anggota PPS di wilayah tersebut.

Anggota KPU Kabupaten Sumba Tengah Korwil Umbu Ratu Ngay Tengah, Edy Sagabulang berharap kepada PPS yang hadir untuk menyalurkan informasi kepada seluruh Pantarlih di wilayah desa masing-masing. Dijelaskan, sistem kerja Pantarlih untuk Pemilu 2024 ini berbeda dengan sistem sebelumnya, maka dari itu diharapkan Pantarlih menjalankan tugas sesuai dengan arahan KPU RI, dan jangan berpedoman pada sistem kerja yang lama.

“Karena proses ini krusial dan PPS nanti perlu menyampaikan hasil bimtek ini kepada Pantarlih. Mohon untuk menyampaikan dengan detil karena nanti PPS yang akan melakukan bimtek kepada Pantarlih,” sebut Edy Sagabulang dalam keterangan tertulis yang diterima SelatanIndonesia.com.

Kepada PPS, Edy Sagabulang mengatakan, Pantarlih Pemilu 2024 akan menggunakan aplikasi saat melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) kepada warga Kecamatan Umbu Ratu Ngay Tengah. “Nanti petugas kita akan menggunakan aplikasi e-coklit, yang dalam hal ini nantinya akan dipergunakan oleh Pantarlih untuk melakukan coklit ke masyarakat,” ujarnya.

Ketua PPK Umbu Ratu Ngay Tengah, Asrin Rambu Ata Djama mengatakan, momentum itu untuk koordinasi sekaligus mempersiapkan PPS untuk melakukan bimtek terhadap Pantarlih yang akan bertugas di Pemilu 2024. “Jumlah Pantarlih yang akan bertugas di wilayah ini sebanyak 32 orang sesuai hasil pemetaan TPS yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumba Tengah,” sebut Asrin Rambu Ata Djama.

Asrin mengatakan, PPS perlu menjelaskan bahwa Pantarlih Pemilu 2024 perlu memedomani regulasi dan arahan yang ditentukan oleh KPU RI.

Camat Umbu Ratu Ngay Tengah, Ignasius Umbu Sabaora, S. Sos, menyatakan dukungannya terhadap kerja-kerja PPK dan PPS  guna mensukseskan Pemilu tahun 2024. “PPS adalah orang-orang pilihan, untuk itu saya berharap, PPS berkerja secara profesional dan harus belajar untuk mengupdate  setiap aturan baru yang berkaitan kerja-kerja penyelenggara agar bisa bekerja secara  profesional dan harus benar-benar melaksanakan prinsip Pemilu,” katanya.

Camat Igansius menambahkan, PPS juga harus bisa memilah tugas sebagai penyelenggara dan hubungan kekeluargaan. Ia meminta PPK dan PPS untuk mengajak masyarakat untuk sadar tentang pentingnya ikut serta berpartisipasi dalam Pemilu.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap