Tak Hanya di Balik Meja, Doris Rihi Tangani Langsung Kerusakan Akibat Cuaca Ekstrem Hingga Ilebura dan Wulanggitang

180
Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si ketika bersama staf terakit menangani dampak kerusakan akibat cuaca ekstrem di Kecamatan Ilebura dan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Sabtu (7/1/2023) Foto: ProkopimFlotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Badai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Flores Timur di akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 berdampak serius. Kerusakan pada bangunan rumah penduduk, fasilitas umum, tanaman pertanian dan beberapa infrastruktur jalan.

Untuk memastikan kerugian yang dialami oleh masyarakat akibat dari bencana tersebut, Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si melakukan kunjungan dan peninjauan langsung ke sejumlah wilayah di Kecamatan Ilebura dan Wulanggitang.

Dalam kunjungan tersebut Pj. Bupati didampingi oleh Plt. Kalak BPBD FLotim Drs. Eduard Fernandez, M.Si, Kadis Kominfo Heronimus Lamawuran, S.Sos, Kadis PUPR, Yohanes B. Tukan, ST., MT, Kadis Sosial, Anselmus M. Diaz, S.Sos, Kadis PKO, Felix Suban Hoda, S.S., M.Ed, Kabag Prokompim, Yohanes Ibi Hurint, S.Sos., M.Si, Kabag Kesra, Rendra Tukan, S.Pd, Tim Tagana Dinas Sosial, dan Tim Tangguh BPBD Flores Timur.

Memanfaatkan hari libur pada Sabtu (07/01/2023), Pj. Bupati pun terus berkomitmen untuk menunjukan perhatian Pemerintah Daerah dalam membantu masyarakat yang mengalami dampak kerusakan bangunan, infrastruktur jalan maupun tanaman pertanian.

Doris Rihi dan rombongan meninjau kerusakan fasilitas umum berupa ruas jalan Kabupaten dari Desa Konga Kecamatan Titehena hingga Desa Nobo di wilayah Kecamatan Ilebura. Juga ruas jalan sepanjang jalan pantai selatan Kecamatan Ilebura hingga ke wilayah Kecamatan Wulanggitang.

Dalam perjalanan ke dua wilayah tersebut, Pj. Bupati dan rombongan harus berhenti sejenak akibat terhalang sejumlah pohon yang tumbang. Dan, dengan sigap, Doris Rihi turun dari kendaraan dan memberikan arahan kepada Tim Tagana dari Dinas Sosial dan Tim Tangguh BPBD -yang selalu diikutsertakan dalam setiap peninjauannya ke wilayah yang terdampak bencana itu- bahu membahu membersihkan dahan dan ranting pohon tersebut dengan menggunakan alat pemotong chainsaw dan parang.

Tanpa menunggu lama, dua batang pohon yang menghalangi lalu lintas kendaraan dan orang itu telah dibersihkan dan pindahkan dari badan jalan.

Usai membersihkan badan jalan, Doris Rihi dan rombongan kembali melanjutkan peninjauannya menuju wilayah Kecamatan Wulanggitang hingga kembali ke Larantuka. Kegiatan pasca bencana yang sama ini sebelumnya telah dilakukan oleh Pj. Bupati dan rombongan di wilayah Titehena, Ilemandiri dan Larantuka.*/)ProkopimFlotim

 Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap