Porprov NTT yang Istimewa di Hati Ketum KONI Pusat

150
Wagub NTT Josef A, Nae Soi didampingi Ketum Panitia Porprov Dr. Inche Sayuna dan Ketum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman dan undangan saat melesakkan anak panah sebagai tanda dimulainya Porprov NTT VIII tahun 2022 di Stadion Oepoi Kupang, Sabtu (12/11/2022). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII NTT sejak 12-18 Nopember 2022 sangat istimea bagi Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman. Pasalnya, meskipun banyak Provinsi yang mengundang Ketum KONI Marciano Norman untuk hadir dalam Porprov, namun mantan Kepala Badan Intelejen Nasional di era Presiden DSusilo Bambang Yudhoyon itu memilih untuk hadir di NTT.

“Banyak daerah yang mengundang Pak Ketua Umum KONI Pusat untuk menghadiri pembukaan Porprov, tetapi beliau memilih Nusa Tenggara Timur. Terima kasih dan selama datang di NTT,” sebut Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi ketika membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT VIII di Stadion Oepoi, Kota Kupang, Sabtu (12/11/2022) petang.

Wagub Nae Soi yang juga Ketua Umum KONI NTT itu mengatakan, kegiatan Porprov kali ini sekaligus sebagai komitmen kepada semua pihak bahwa NTT bisa menyelenggarakan PON 2028 mendatang. Mengusung Temah “Merajut persaudaraan, meraih prestasi menuju PON 2024 dan tuan rumah PON 2028” diikuti peserta dari 22 Kabupaten dan Kota se NTT.  “Saya mengajak semua para atlet, mari kita berlomba mari kita bertanding dengan semangat Victoria Concordia Crescit” bahwa, keberhasilan anda hanya bisa ada keserasian antara kawan dan lawan,” sebutnya.

Politisi senior Partai Golkar ini mengajak seluruh masyarakat NTT bersyukur dan berterima kasih kepada KONI Pusat dan KONI seluruh Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON ke XXII tahun 2028. Ia juga memberikan apresiasi kepada KONI NTT dan seluruh jajaran Panitia Pelaksana Porprov yang dengan susah payah mempersiapkan penyelenggaraan Porprov.

“Selamat bertanding, selamat berlomba dan pupuklah rasa persaudaraan kita serta jangan mencederai semangat olahraga. Tetap jaga persatuan dan kesatuan dengan sportivitas,” katanya.

Pembukaan Porprov itu ditandai dengan dilesakkannya anak panah oleh Wagub Nae Soi ke obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII tahun 2022. Panah Josef Nae Soi itu sebagai tanda Porprov resmi dimulai. Pesta olahraga masyarakat NTT tiga tahunan itu, sedianya menjadi magnet mengikat kehidupan masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Wagub Nae Soi bersama tamu undangan berdiri dipanggung utama. Dia lalu menembak panah ke arah obor dibagian Timur. Nyala obor kemudian dimaknai sebagai pembukaan Porprov. Porprov berlangsung 12-18 November 2022 mempertandingkan 19 cabang olahraga (cabor).

Sebelumnya diberitakan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) rupanya sedang dirindu oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman. Kerinduan Marciano Norman itu pada prestasi para atlit NTT yang bakal menjadi andalan Indonesia pada ivent olahraga di See Games, Asian Games, bahkan hingga ke Olimpiade.

“Timnas Indonesia mendambakan atlit-atlit dari Nusa Tenggara Timur mewakili Indonesia dalam setiap keikutsertaanya pada ivent-ivent besar mulai See Games, Asian Games, bahkan hingga ke Olimpiade,” sebut Marciano Norman Ketika berbicara dalam acara Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT VIII di Stadion Oepoi, Kota Kupang, Sabtu (12/11/2022) petang.

Marciano Norman menyebut, dalam rapat kerja nasional KONI tahun 2022, telah ditetapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-22 tahun 2028 adalah Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat sebagai tuan rumah. “Malam ini saya melihat NTT dan NTB bisa menjadi tuan rumah PON karena kerja keras dan kesungguhan yang ditunjukan oleh seluruh pemangku kepentingan di bidang olahraga di kedua Provinsi ini,” sebutnya.

Ia mengharapkan, kedepannya NTT dan NTB melaksanakan persiapan dengan sebaik-baiknya. “Masih ada waktu selama enam tahun lagi. Saya harapkan setiap tahun ada pembangunan venue-venue yang baru, dan renovasi-renovasi sarana olahraga, Juga pembinaan atlet-atlet berprestasi mulai dari tingkat Kabupaten dan Kota hingga ke tingkat Provinsi,” katanya.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap