Gedung Golkar NTT Jadi Arena Adu Ketangkasan 275 Atlet Pencak Silat di Porprov

175
Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) NTT dr. Meserasi Ataupah didampingi Sekretaris Pengprov IPSI NTT Ferdi Amate dan Pelatih Thomas Duran ketika memberikan ketarangan kepada wartwan di Gedung Golkar NTT, Sabtu (12/11/2022). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Salah satu dari 19 Cabang Olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT ke VIII adalah Pencak Silat. Cabang olahraga ini akan diikuti oleh 275 atlet yang terdiri dari atlet Seni 87 dan Tanding 189, perwakilan dari 21 Kabupaten/Kota. Para atlet yang datang dari 21 Kabupaten dan Kota se NTT (minus Kabupaten Sumba Barat) itu akan bertanding di Gedung DPD I Golkar NTT.

Momentum Porprov NTT VIII menjadi ajang persiapan menuju PON 2024 di Provinsi Aceh dan PON 2028 ketika NTT dan NTB menjadi tuan rumah. “Cabang olahraga Pencak Silat resmi dibuka dan dimulai besok 13 November 2022 di Gedung DPD I Partai Golkar NTT. Pencak Silat adalah cabang olahraga prioritas untuk mempersiapkan atlet menghadapi PON 2024 dan 2028. Harapan kami, dari Porprov ini, kami bisa menjaring bakat dan atlet untuk PON 2028,” sebut Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) NTT dr. Meserasi Ataupah kepada wartawan di Gedung Golkar NTT, Sabtu (12/11/2022).

Menurut dr. Mese pembinaan atlet-atlet cabang olahraga Pencak Silat terus dilakukan. Bukan hanya melalui Porprov, tapi juga lewat berbagai kejuaraan di setiap Kabupaten/Kota. “Ini menjadi cabor yang menjadi prioritas NTT, untuk mendulang emas sebanyak-banyaknya pada PON 2028,” sebut Staf Ahli Gubernur NTT ini.

Sekretaris Pengprov IPSI NTT Ferdi Amate mengatakan, Pencak Silat di ajang Porprov 2022 mempertandingkan nomor tanding dan seni. Pesertanya terdiri dari tunggal putra dan putri, ganda, serta regu. “Baru kali ini kita tandingkan ini secara lengkap. Karena nomor-nomor ini akan dipertandingkan dalam PON. Kami harapakan dukungan dari elemen masyarakat Pencak Silat NTT untuk bisa meraih medali sebanyak mungkin,” ujarnya didampingi salah satu pelatih, Thomas Duran.

Ferdi menambahkan, Porprov NTT 2022 cabang olahraga Pencak Silat akan dikuti oleh juara dunia di Malaysia, yakni Serda Jeny Elvis Kausa. Sang juara akan hadir besok mengikuti acara pembukaan, dan akan bertanding dalam pertandingan Pencak Silat mewakili Kabupaten Sikka.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap