Dahaga Pembalap NTT Terobati di KI Bolok

299
Dirut KI Bolok, Gabriel Kenen Budi (paling kanan) didampingi para penyelenggara KIB Road Race Festival 2022 ketika memberikan keterangan kepada wartawan di Kafe Rumah Pohon - Caffee Shop & Nerworking Place Kupang, Senin (24/10/2022) Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Para pembalap Nusa Tenggara Timur bakal menguji kemampuan dan skil di ajang KIB Road Race Festival 2022. Sebanyak 23 Kelas akan diperebutkan dalam ajang bergengsi yang digelar di Lalendo Street Circuit Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Ivent tersebut terselenggara berkat kerja sama PT Kawasan Industri Bolok (KIB) pimpinan Gabriel Kenen Budi dengan Garuda Timor, sebuah Event Organaizer yang dipimpin oleh Djadith Al Habsy

Direktur Utama (Dirut) KI Bolok, Gabriel Kenan Budi kepada wartawan di Kafe Rumah Pohon – Caffee Shop & Nerworking Place Kupang, Senin (24/10/2022) mengatakan, KIB Road Race Festival 2022 bakal digelar pada 10-13 Nopember 2022. Ia menyebut, Kawasan Industri Bolok memiliki ruas jalan di dalam kawsan yang sangat besar dan bagus sehingga diputusakan untuk membuat satu circuit. “Sekarang, arena circuit yang dinamakan Lalendo Street Circuit Bolok sementara dikerjakan, tinggal finishing,” sebutnya.

Gabriel mengatakan, circuit itu dibangun untuk mewadahi hoby dan bakat para pencinta otomotif terutama balap motor. “Dari pada anak-anak kita melakukan balab liar yang membahayakan dirinya dan orang lain maka kita bangun circuit itu untuk bisa dimanfaatkan. Dan kedepannya bisa disewa untuk turnamen lain yang kita jadwalkan bisa tiga bulan sekali. Kita manfaatkan yang ada sambil menunggu sirkuit bertaraf internasional yang sesuai rencana tiga sampai empat tahun ke depan sudah selesai dibangun, sekaligus untuk menyambut PON tahun 2028,” ujarnya.

Dikatakan Gabriel, pihaknya menggandeng Garudan Timor dan Hence Motor untuk menyelenggarakan turnamen itu. “Kami punya fasilitas , tetapi mereka punya pengalaman. Dan ini dalam satu kesatuan agenda untuk menyambut pengresmian Gedung kantor KIB Bolok yang baru selesai dibangun,” katanya.

Ia menambahkan, masayarakt setempat di dua desa yaitu Desa Bolok dan Desa Kuanheum dilibatkan dalam event tersebut.

Ketua Panitia KIB Road Race Festival 2022, Hence Famdale mengatakan, pendaftaran peseta akan dibuka mulai tanggal 5-9 Nopember 2022. “Kita membuka 23 kelas dalam event roadrace ini, termasuk kelas mini GP untuk mendapatkan pembalap-pembalap muda untuk dipersiapkan di masa mendatang. Juga ada kelas XRider bagi pebalap senior untuk menyalurkan hobi mereka,” katanya.

Hence juga mengatakan, panitia telah mendapatkan rekomendasi dari IMI NTT yang saat ini dipimpin oleh Telend Daud. “Kita menargetkan 300 race yang akan terlibat dalam event ini. Kita utamakan di dalam NTT dan tidak menutup kemungkinan bagi pembalap dari luar NTT,” ujar Hence.

Hence menambahkan, road race kali ini, setiap pembalap akan dipasang cartatan waktu sehingga waktu yang diperoleh pembalap tidak bisa dibantah. “Hadiah utama yang kita siapkan adalah tiga buah sepeda motor untuk tiga kelas juara umum,” sebutnya.

Pimpinan Garuda Timor, Djadith Al Habsy selaku penyelenggara menyambut baik ivent tersebut. Menurut dia, selama ini para pembalap NTT selalu dimanfaatkan oleh daerah lain untuk berlaga di PON dan event-event besar lainnya. “Maka dengan kita gelar ivent seperti ini maka kita bisa menjaring para pembalap muda di NTT untuk dipersiapkan menuju PON 2028 nanti yang mana kita di NTT dengan NTB menjadi tuan rumah,” sebutnya.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap