Pecah Tangis di Gedung Sasando

638
Jenasah Alm. Domu Warandoy ketika diarak memasuki Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT sebelum diberangkatkan ke Sumba Timur, Selasa (4/10/2022). Foto: BiroApim

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Ratuas Aparatus Sipil Negara (ASN) Setda Provinsi NTT menangis haruh ketika peti jenasah Sekda NTT Alm. Domu Warandoy tiba di Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT, Selasa (4/10/2022). Jenasah Sekda Warandoy disemayamkan di loby Kantor Gubernur sebelum diberangkatkan ke Bandara El Tari untuk selanjutnya dikembangkan ke Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Ratusan ASN berdiri di sisi kiri dan kanan jalan dari gerbang masuk area Kantor Gubernur NTT. Para petugas berseragam putih-putih mengiringi peti jenasah Sekda Warandoy menuju loby Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT. Para ASN tumpah ruah di ruang loby tempat peti jenasah Sekda Warandoy dibaringkan hingga di halaman Gedung Sasando.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Ketua DPRD NTT Emiliana J. Nomleni serta unsur Forkopimda NTT lainnya memberikan penghormatan khusus kepada jenasah Sekda Warandoy di tangga Gedung Sasando.

Peti jenasah dibungkus dengan Bendera Merah Putih yang dilanjutkan dengan penyerahan sarung adat Sumba kepada Gubernur Laiskodat oleh pihak keluarga Alm. Domu Warandoy. “Sarung ini sebagai penghargaan kami keluarga kepada pemerintah,” sebut Markus Dapa Ammdha anggota keluarga Warandoy.

Selanjutnya pembacaan riwayat hidup Sekda Domu Warandoy oleh Kepala BKD Provinsi NTT, Ina Laiskodat. Warandoy tercatat pernah menjadi jurnalis Harian Pos Kupang sebelum menjadi seorang pamong praja yang hingga mengukir prestasi gemilang menjadi Sekda Provinsi NTT.

Gubernur Laiskodat mengatakan, sosok Domu Warandoy adalah birokrat tulen yang sudah dipantau kinerjanya jauh sebelum ia menjadi Gubernur NTT. “Saya sudah memantau kinerja beliau sejak dipercayakan oleh Bupati Sumba Timur saat itu Umbu Mehang Kunda sebagai Kepala Dinas Pariwisata. Sehingga ketika saya mempercayakan beliau sebagai seorang Sekda Provinsi NTT, bukan secara tiba-tiba,” sebut Gubernur Laiskodat ketika memberikan sambutan penghormatan di Gedung Sasando kantor Gubernur NTT.

Menurut Gubernur Laiskodat, sosok Domu Warandoy adalah birokrat yang sangat professional yang mampu mengerjakan tugas-tugas berat yang diberikan kepadanya.

Upacara penghormatan dipimpin oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dihadiri Forkopimda NTT serta para staf khusus Gubernur juga jajaran direksi Bank NTT dan Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke dan para ASN. Hadir juga mantan Wagub NTT, Esthon Foenay. Usai upacara, jenasah Domu Warandoy diarak ke bandara untuk selanjutnya diternagkan ke Waingapu, Kabupaten Sumba Timur untuk dimakamkan. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap