Uskup Larantuka Dukung Penuh Penjabat Bupati Utamakan Pendekatan dengan Kearifan Lokal

288
Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Paulus Igo Geroda, S.Sos, MAP, bertemu Yang Mulia (YM) Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung di Keuskupan Larantuka, Selasa (7/6/2022). Foto:ProkopimFlotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Paulus Igo Geroda, S.Sos, MAP, bertemu Yang Mulia (YM) Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung di Keuskupan Larantuka, Selasa (7/6/2022).

Penjabat Bupati memohon dukungan YM Uskup Larantuka baginya dalam memimpin Flores Timur sebagai Penjabat Bupati Flores Timur. Sebagai pemimpin dan gembala umat Katolik di Keuskupan Larantuka, dukungan YM Uskup Larantuka ini menjadi sangat penting artinya bagi Penjabat Bupati dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan yang diembankan padanya.

Selain memohon dukungan YM Uskup Larantuka, Penjabat Bupati juga mengungkapkan beberapa kegiatan dan kunjungan yang telah dilakukannya di Flores Timur semenjak dilantik sebagai Penjabat Bupati Flores Timur. Diantaranya melakukan kunjungan ke pulau Adonara dan ke kecamatan Tanjung Bunga. Dari kunjungan-kunjungan yang dilakukannya, Penjabat Bupati mengumpulkan berbagai persoalan yang ditemuinya secara langsung dan berusaha secepat mungkin mengatasi persoalan-persoalan yang ada seperti penimbunan jalan pada ruas-ruas jalan yang terdampak abrasi.

Khusus menyangkut permasalahan sampah dan kebersihan, Penjabat Bupati mengaku sejauh ini telah berhasil membangun komunikasi dan kerjasama dengan beberapa BUMN yang menyatakan kesiapannya membantu pengadaan sarana kebersihan berupa mobil truk sampah bagi Flores Timur. “Melalui berbagai komunikasi dengan instansi pusat, sedang diusahakan untuk mendatangkan mesin penghancur sampah ke Flores Timur. Bahkan dalam beberapa hari ke depan saya ke Jakarta untuk memperjuangkan hal ini,” sebut Doris Rihi yang juga mantan Penjabat Bupati Sabu Raijua itu.

YM Uskup Larantuka pun menyambut baik pertemuan ini dan menyatakan dukungan penuh pada Penjabat Bupati dalam memimpin Flores Timur. Mendengar berbagai kegiatan yang telah dilakukan Penjabat Bupati, YM Uskup Larantuka lantas menitipkan pesan pada Penjabat Bupati Flores Timur. “Selalu kedepankan pendekatan berbasis kearifan lokal khususnya pada konflik-konflik sosial yang ada di masyarakat,” sebut Uskup Larantuka.

Melalui Penjabat Bupati, YM Uskup Larantuka juga mengapresiasi program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang saat ini sedang dikerjakan oleh Kodim 1624/Flotim yang telah berhasil membuka isolasi di desa Lewomuda dan Kawalelo sehingga mendukung sektor pertanian yang ada di kedua desa ini sehingga secara tidak langsung telah mendukung pemberdayaan para petani.

Tentang persoalan sampah dan kebersihan, YM Uskup Larantuka berpesan bahwa salah satu yang tak kalah pentingnya menyangkut hal itu adalah bagaimana memberikan kesadaran dan pemahaman kepada warga masyarakat untuk menjaga dan merawat kebersihan.*/)ProkopimFlotim

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap