Pemda Mabar Fasilitasi Produk UMKM Labuan Bajo Berselancar di Pasar Online

465
Aneka produk UMKM dari masyarakat Manggarai Barat yang dipasarkan secara online berkat kerja sama Pemda Mabar dengan marketplace Blibli.com.

LABUANBAJO,SELATANINDONESIA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat akan terus memberikan peluang bagi pelaku UMKM lokal di Labuan Bajo-Kabupaten Manggarai Barat dan sekitarnya dengan memasarkan dan mempromosikan produk-produk UMKM secara online.

Pemda Manggarai Barat memfasilitasi pada pelaku UMKM untuk tampil dalam pameran produk UMKM di acara Internasional seperti IAWP ( International Association of Woman Police ) di Goa Batu Cermin dan event G-20 AIWW (Asian International Water Week) di lobby utama Ballromm Hotel Meruorah Labuan Bajo, belum lama ini.

Selain itu, Pemda Mabar juga membantu memasarkan secara online pada official store milik Perumda Bidadari di marketplace Blibli.com dengan nama “MBARU DAMI” sebagai hasil kerjasama antar Blibli.com dan Perumda Bidadari pada bulan November 2021 lalu.

Terobosan itu dilakukan sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo pada acara Peresmian Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM, pada Senin 28 Maret 2022.

Saat itu, Kepala Negara menekankan bahwa, “Kita tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Kita harus membanjiri marketplace. UMKM, koperasi harus membanjiri marketplace dengan produk-produk dalam negeri, produk-produk UMKM kita,” ucap Presiden Jokowi.

Sejak Official Store MBARU DAMI dilaunching pada 1 Februari 2022 sampai dengan hari ini, tercatat kurang lebih 100 varian produk UMKM/Ekraf yg dapat dibeli secara langsung via Marketplace online Blibli.com. Saat ini produk tersebut juga bisa dikirim ke luar daerah Labuan Bajo dan juga dapat dikirim di dalam kota Labuan Bajo.

Direktur Perumda Bidadari, Sutanto Werry berharap bahwa para wisatawan yang mempunyai keterbatasan waktu untuk mengunjungi toko-toko souvenir, bisa melakukan transaksi via online, dan barang dengan segera dapat dikirim ke hotel dimana mereka menginap ataupun langsung dikirimkan ke alamat kota dimana mereka berasal.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui manajemen Perumda Bidadari mengundang para pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Manggarai Barat dan sekitarnya agar dapat bergabung untuk memanfaatkan ekosistem pemasaran terpadu secara online melalui official store MBARU DAMI.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi berharap agar para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya sampai menembus pasar Nasional bahkan Internasional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. “Pemkab Manggarai Barat melalui perumda Bidadari yang telah mengembangkan ekosistem pemasaran terpadu baik secara offline maupun online, sehingga sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo,” sebut Bupati Edi Endi.*/AA

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap