Gubernur Laiskodat Motivasi Peserta Didik BLK di SBD Jadi Wirausahawan

138
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika berdialog dengan peserta didik di BLK Don Bosco Desa Weepangali, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Rabu (22/12/2021)

TAMBOLAKA,SELATANINDONESIA.COM – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memotivasi para peserta didik di Balai Latihan Kerja (BLK) Don Bosco di Weepangali, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) agar mampu menjadi wirausahawan dan pelaku bisnis baru untuk membangun Sumba.

Gubernur Laiskodat mengatakan itu ketika berkunjung ke BLK Don Bosco yang dikelola oleh Bruder Ephrem Santos, Rabu (22/12/2021). Hadir dalam kunjungan tersebut, Anggota DPR RI, Ratu Wulla Talu, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Kepala Dinas Koperasi dan Naketrans Provinsi NTT Silvi Peku Jawang, Ketua DPD Nasdem SBD Markus Dairo Talu, Pj Sekda SBD Frans M. Adilalo, dan sejumlah kepala Dinas Lingkup Pemkab SBD.

Terpantau, Gubernur Laiskodat ditemani Bupati SBD dan rombongan langsung diterima pengelola BLK, Br. Ephrem Santos, memantau aktivitas para siswa/i di BLK tersebut. Gubernur Laiskodat beberapa kali menanyakan kegiatan dan pelajaran yang diterima para siswa. Bahkan di kelas pelatihan komputer Gubernur Liskodat sempat berbincang dengan para siswa dan menanyakan ilmu apa yang sudah diperoleh sejauh ini.

“Kamu sudah bisa mengoperasikan komputer sekarang? Apa yang bisa kamu lakukan? Excel, dan Power Point iya. Berarti saat kerja di perkantoran kalian sudah bisa mengoperasikan komputer iya,” tanyanya. Mendengar hal itu para siswa pun langsung menjawab dengan beragam jawaban termasuk juga para instrukturnya.

Hal ini pun ditimpali dengan pernyataan Gubernur Laiskodat yang menginginkan para peserta didik di BLK untuk bisa berdikari tanpa harus menjadi Pegawai Negeri. Hal ini sebutnya karena para peserta didik di BLK punya ketrampilan yang cukup baik sehingga layak bekerja di perusahaan besar untuk mengembangkan dunia wirausaha.


“Jangan mau jadi Pegawai Negeri atau kalian mau jadi Pegawai Negeri. Jangan dong. Kamu sudah sekolah dan harus jadi wirausaha. Nanti kamu akan jadi mandiri. Di Sumba ini banyak kegiatan wirausaha yang harus kita dorong. Saya perlu anak muda yang konsisten dan komitmen untuk membangun,” katanya.

Gubernur Laiskodat memberikan apresiasi kepada BLK yang mau membantu perkembangan sumber daya manusia di NTT khususnya di Sumba.

“Sebagai Gubernur saya memberikan penghormatan kepada bruder yang ikut membantu peningkatan sumber daya manusia di sini. Seperti tadi yang kita saksikan banyak keahlian yang diajarkan disini yang tentunya kami pemerintah pun tidak tutup mata soal ini. Kita sudah colaborated tadi hal-hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah akan diselesaikan melalui ibu Kadis dan pak Bupati SBD sehingga dampaknya bisa lebih besar lagi dari saat ini,” sebut Gubernur.*)NoUmbu

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap