Wawali Herman Man: Semua Nakes Bekerja Sangat Maksimal Hadapi Covid

225
Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man ketika bersama tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Kamis (21/1/2021) Foto: SelatanIndonesia.com/Aldy Henukh

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man melanjutkan agenda peninjauan terhadap tim pemantau pasien isolasi mandiri di sejumlah Puskesmas di Kota Kupang, Kamis (21/1/2021). Puskesmas yang dikunjungi Wakil Walikota adalah Puskesmas Manutapen, Puskesmas Alak, Puskesmas Bakunase, dan Puskesmas Sikumana.

Di empat Puskesmas iu, Wawali Hermanus Man yang didampingi sejumlah anggota TNI dan Sat Pol. PP Kota Kupang, mengecek data-data pasien Covid-19, Ruang Isolasi, serta memantau jalannya proses vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) dilakukan di setiap Puskesmas.

“Pada dasarnya tidak beda jauh dari yang kemarin di sejumlah Puskesmas yang kita tinjau. Mereka semua bekerja secara optimal, memantau pasien-pasien isolasi mandiri dan pasien yang gawat,” sebut Wawali Hermanus Man di Puskesmas Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Menurut Wawali Hermanus, yang paling adalah protokol kesehatan dan prosedur penanganan isolasi mandiri di rumah semua berjalan dengan baik. “Fasilitas Puskesmas cukup, dan hari ini juga saya memantau kegiatan vaksinasi oleh petugas dan semua pada berjalan dengan baik dan kalo memang ada yang bisa ditunda berarti ditunda dan kalau ada yang tidak memenuhi syarat ya, tidak memenuhi syarat tetapi semua berjalan dengan baik,” sebutnya.

Ia juga berkesempatan memantau ruang isolasi yang tersedia sekitar 25 tempat tidur. “Kalau memungkinkan, petugas sudah siap dan perawat juga kalau sudah siap kita isolasi pasien yang bergejalah ringan, tetapi kita perlu menyiapkan terutama tenaganya,” ujar Wawali.

Kepala Puskesmas Bakunase, drg. Dian Sukmawati mengaku sangat bergembira lantaran dikunjungi Wakil Walikota Kupang. “Kami sangat senang karena ini bentuk perhatian dari bapak Wakil Walikota terhadap tenaga kesehatan dalam upaya penanganan Covid-19 dan tindak lanjut,” sebut drg. Dian.

Ia menambahkan, belum lama ini juga dilakukan pertemuan dan koordinasi dengan bapak Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore. “Kami juga sudah sangat senang karena setelah pertemuan dengan Bapak Wali Kota, hari ini bapak Wakil Walikota sudah datang untuk melihat bagaimana penanganan upaya yang sudah dilakukan,” ujarnya.

Drg. Dian menyebutkan, data terbaru pasien Covid-19 di Puskesmas Bakunase ada 6 orang yang terkonfirmasi postifi. *)Aldy Henukh

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap