Dekopinda Ende Gandeng Unflor Teken MoU untuk Pendidikan

94
Musda Dekopinda Kabupaten Ende, Kamis (14/1/2021) di Wisma Emaus Ende.

ENDE,SELATANINDONESIA.COM – Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekompinda) Kabupaten Ende menggandeng Universitas Flores (Unflor) untuk bekerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan.

Kerja sama itu diwujudkan dengan penandatanganan Momerandum of Uderstanding (MoU) atara kedua pihak ketika forum Musyawarah Daerah Forkopinda, Kamis (14/1/2021) di Wisma Emaus Ende. Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Universitas Flores, Dr. Ernesta Lea dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Ende.

Bupati Ende, Djafar Achmad dalam sambutan yang disampaikan Asisten Sekda Ende Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Drs.  Gerson Duka mengatakan, pembangunan sektor koperasi dan UKM merupakan bagian dari pembangunan ekonomi daerah karena berkaitan langsung dengan kebutuhan ekonomi masyarakat.

Itu pasalnya, segala sektor ekonomi mestinya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh gerakan koperasi guna membantu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan anggota koperasi khususnya serta masyarakat pada umumnya. “Sektor-sektor ekonomi yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh gerakan koperasi adalah sektor pertanian,  perkebunan, peternakan, perikanan dan juga sektor-sektor lain yang berkaitan langsung dengan hajat hidup orang banyak,” sebut Bupati Djafar.

Ia mengaharpkan, Dekopimda sebagai organisasi yang menaungi gerakan koperasi dan UKM agar tak henti-hentinya memberikan pendampingan dan pengawasan langsung terhadap seluruh aktivitas koperasi yang ada di kabupaten Ende.  “Pesan saya, agar Dekopimda mampu menumbuhkembangkan semangat anak muda generasi millenial untuk mau turut aktif berperan dan terlibat dalam gerakan koperasi. Sehingga gerakan koperasi bisa melakukan terobosan-terobosan yang inovatif di tengah arus globalisasi,” ujarnya.

Ketua Dekopimda Ende, Yakobus Nua memberikan apresiasi atas dukungan moril yang tak henti-hentinya diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Ende demi menjaga kesinambungan Dekopimda. “Salah satu bentuk dukungan yang paling terasa adalah Dekopimda diberikan izin berkantor di salah satu ruangan dalam dinas Koperasi Ende. Dekopimda akan terus memberikan pelatihan dan bimbingan kepada seluruh gerakan koperasi dan UKM yang ada di kabupaten ende agar bisa terus menjalankan koperasi dan UKM nya dengan baik,” ujarnya.

Yakobus menambahkan, ada sekitar 60 koperasi dan 200 UKM yang tercatat dalam data Dekopimda Ende namun sejauh ini belum semuanya turut aktif dalam setiap kegiatan yang digagas Dekopimda dan belum terkordinasi dengan baik. “Harapan saya, seluruh gerakan koperasi bisa tertib dalam membayar iuran bulanan kepada Dekopimda yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menbuat program pelatihan dan lainnya demi meningkatkan spirit dari gerakan koperasi itu sendiri,” sebutnya.

Dikatakannya, Dekopimda terus melakukan pelatihan pengawas untuk membantu pengawasan terhadap aktivitas dari gerakan koperasi dan UKM yang ada di kabupaten Ende. Baginya siapapun yang terpilih menjadi ketua baru dalam Musda kali ini tidak menjadi soal, namun ia berharap agar Dekopimda bisa terus memberikan support sistem yang baik bagi seluruh gerakan koperasi dan UKM yang ada di kabupaten Ende.*)Mohammad Zulkifli

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap