Natal Oikumene Virtual dan Keteladanan Tiga Raja Bagi Pejabat Pemkot

162
Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man ketika menyampiakan pesan natal dalam Perayaan Natal Oikumene Pemkot Kupang secara virtual di Aula Rujab Walikota Kupang, Senin (4/1/2021). Foto: Ghe

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man mengatakan, sebagai ASN perlu berefleksi bagaimana menerapkan imanuel dalam kerja pengabdian sehari-hari.

“ASN harus memiliki sifat rendah hati seperti kisah tiga raja saat kelahiran Yesus Kristus. Tiga raja bersedia turun tahta atau turun dari kekuasaannya hanya untuk bertemu Tuhan Yesus. Rendah hati, dalam makna ini para pejabat harus turun tangan untuk menangani persoalan-persoalan di Kota Kupang,” sebut Wawali Herman Man ketika memberikan pesan Natal dalam perayaan Natal Oikumene Pemkota Kupang secara virtual Senin (4/1/2021) di Aula Rumah Jabatan Walikota Kupang.

Wawali Hermanus Man juga menyebutkan, dalam membangun perlu pengorbanan baik berkorban waktu, tenaga bahkan perasaan.

Ia juga memberikan motivasi agar tetap optimis di tengah pandemi Covid-19 yang bakal hilang setelah adanya vaksin. “Optimis itu penting, tetapi optimis itu bersandar pada kekuatan manusia, berbeda dengan pengharapan yang bersandar pada Tuhan,” katanya.

Wawali Herman Man mengajak semua yang hadir pada momen Natal dan Tahun Baru agar memanfatkan talenta yang dimiliki dengan penuh rendah hati. “Saya minta ASN untuk memiliki semangat melayani, bagaimana kita lebih rendah hati, lebih berkorban, fokus pada tugas, dan sikap-sikap pelayanan yang penuh kemanusiaan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa damai,” ucapnya.

Ia bahkan mengutip refleksi dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat bahwa perlu super tim dalam membangun kota Kupang untuk bersama-sama menangani masalah yang ada di masyarakat.

Dalam khotbah singkatnya, Pdt. Yandi Manobe, S.Th mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 saat ini pemerintah menerapkan kerja dari rumah atau WFH sehingga pekerjaan menjadi kurang optimal. “Natal ini menjadi momen untuk merawat kerja dalam membangun Kota Kupang bersama-sama,” ujar Pdt. Yandi.

Penyelenggaraan perayaan dan ibadah Natal Oikumene tersebut dilakukan sesuai protokol kesehatan dan diikuti terbatas oleh Sekda, pimpinan perangkat daerah dan Camat. Selebihnya baik pejabat eselon III, para lurah dan staf mengikuti secara virtual dari kantor masing-masing menggunakan aplikasi zoom.

Ibadah perayaan Natal dibawah tema “Mereka Akan Menamakan-Nya Imanuel” dengan sub tema “Sukacita Natal Memberikan Semangat Untuk Terus Berubah dan Merawat Kebersamaan di Tengah Pandemi Covid-19”, dipimpin oleh Pdt. Yandi Manobe, S.Th dari Gereja GMIT Agape Kupang. Turut hadir di kesempatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Kupang, Odermaks Sombu, S.H., MA., M.H. dan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kupang, Ir. Ricardus O. Yunatan dan Wakil Ketua TP. PKK Kota Kupang, Ny. Elisabeth Man-Rengka.*)PKP_ghe

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap