Torehan Gemilang dari Selatan NKRI Selama 22 Tahun

101
Puncak peringatakn Ulang Tahun ke-22 Kabupaten Rote Ndao di lapangan Kantor Bupati Rote Ndao, Selasa (2/7/2024). Foto: Bidkom_DKISPRote Ndao/Prokopim

BA’A,SELATANINDONESIA.COM – Berada di titik paling Selatan dalam gugusan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Rote Ndao menjadi wilayah yang mesti menjadi perhatian khsusus negara. Kabupaten Rote Ndao hari ini Selasa (2/7/2024) genap berusia 22 tahun menjadi daerah otonom, lepas dari Kabupaten Kupang.

Perjalanan panjang, Kabupaten Rote Ndao mesti direfleksikan secara mendalam. Rote Nado diperjuangkan para pendiri kala itu, ketika Ibrahim Agustinus Medah politisi flamboyang itu menjadi Bupati Kupang dua periode. Iban Medah dan para pejuang kala itu punya tekad dan harapan agar Kabupaten Rote Ndao menjadi daerah yang maju, mandiri, tangguh dan sejahtera. Peringatan HUT ke-22 menjadi momen perenungan makna spirit otonomi daerah dan bakti untuk kemajuan Rote Ndao.

Kabupaten Rote Ndao kini dipimpin oleh pendekar hukum Oder Maks Sombu sebagai Penjabat Bupati. Ketika upacara memperiungati HUT ke-22 Kabupaten Rote Ndao di Lapangan Kantor Bupati Rote Ndao, Selasa (2/7/2024) Penjabat Bupati Oder Maks Sombu mengatakan, dalam derap langkah perjuangan yang dilalui bersama, telah membuahkan hasil dan apresiasi dari Pemerintah Pusat, Pemprov NTT maupun Lembaga dan Mitra lainnya.

Dipaparkan Oder Maks Sombu, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Rote Ndao menjadi yang terbaik kedua di NTT. PDRB Kabupaten Rote Ndao berada diatas rata-rata PDRB Provinsi NTT. “Kabupaten Rote Ndao tercatat mampu meraih dan mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berturut-turut sejat tahun 2020 sampai 2023. Kabupaten Rote Ndao juga meraih predikat Cukup Baik (CC) dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020 sampai 2023,” sebutnya.

Selain itu, Kabupaten Rote Ndao juga meraih peringkat Kedua Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024 dengan kategori Transformasi Pembelajaran, Transformasi Pengelolaan Pendidikan dan Transformasi Anggaran Pendidikan. “Berbagai pernghargaan juga diraih terutama terkait bidang perencanaan pembangunan, pariwisata, pencegahan stunting, pemerintahan desa, inovasi daerah dan penanggulangan kemiskinan. Terakhir, Kabupaten Rote Ndao meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI atas pelaksanaan 100 % Rekam Medik Elektronik (RME) Puskesmas Terintegrasi Satu Sehat,” sebut Penjabat Bupati Oder Maks Sombu.

Tidak hanya itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Inspektorat Jenderal juga memberikan apresiasi atas capaian positif pelaksanaan tugas Penjabat Bupati Rote ndao Triwulan Pertama yang memenuhi 111 Indikator Kinerja dan 10 Indikator Prioritas. “Kabupaten Rote Ndao juga berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 4 % yang menetapkan Rote Ndao sebagai Kabupaten dengan penurunan kemiskinan terbaik kedua di Provisni NTT. Kemiskinan Ekstrim juga berhasil diturunkan dari 9.62 % menjadi 2.85 % pada tahun 2023. Angka tunting juga mengalami penurunan dari tahun 2019 sebesar 30 % menjadi 18.5 % pada bulan Mei 2024. Dalam kaitan ini, Kabupaten Rote Ndao juga menjadi yang terbaik di NTT karena mampu melakukan 100 % penimbangan dan pengukuran terhadap sasaran,” bebernya.

Ia mengajak semua pihak untuk tetap menjaga kekompakan, terus berkolaborasi menjaga dan meningkatkan kinerja Pembangunan di daerah. “Mari bersama-sama kita kita memperkuat sinergitas lintas sektor dan terus meningkatkan kinerja pembangunan kita,” ajaknya.

Puncak peringatakn Ulang Tahun ke-22 Kabupaten Rote Ndao digelar meriah. Upacara peringatan berlangsung di lapangan Kantor Bupati Rote Ndao dipimpin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bertindak selaku Inspektur Upacara. Dihadiri Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Perwakilan DPRD Kabupaten Rote Ndao, Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Rote Ndao, Ny. Yuliana Henuk, S.Pd,M.Th, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM bersama para Asisten Sekda dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Hadir pula pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Organisasi Perempuan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta ASN Lingkup pemkab Rote Ndao yang memenuhi lapangan tempat upacara. Upacara berlangsung dalam nuansa budaya, peserta hadir menggunakan pakaian adat Rote Ndao.

Peringatan HUT Kabupaten Rote Ndao ke-22 mengangkat tema “ Transformasi Rote Ndao Menuju Rote Ndao Emas “, dengan sub tema “ Dengan Semangat Ita Esa Kita Sukseskan Transformasi Rote Ndao Yang Bermartabat Menuju Indonesia Emas’.*/Bidkom_DKISPRote Ndao/Prokopim

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap