RS Carolus Boromeus Gelar Pemeriksaan ANC Gratis untuk Ibu Hamil di Baun

81
Direktris RSCb, dr. Ariyanti Yusnita dan brosur kegiatan bakti sosial Pemeriksaan ANC gratis di Puskesmas Baun, Kabupaten Kupang

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Rumah Sakit St. Carolus Boromeus Kupang menggelar bakti sosial menyasar warga kurang mampu di pedalaman Amarasi Barat, Kabupaten Kupang. Sabtu, 29 Juni 2024 mendatang, RSCb akan menggelar pemeriksan ANC (Antenatal Care) secara gratis bagi ibu-ibu hamil di Puskesmas Baun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang.

Direktris RSCb, dr. Ariyanti Yusnita mengatakan, inisiasi menggelar aksi sosial itu dengan target bisa melayani 50 ibu hami di wilayah Baun. “Kegiatan yang sama sudah pernah kita lakukan di Puskesmas Sikumana, Nekamese, Batakte, dan beberapa lagi. Kita bekerja sama dengan Puskesmas dan Pustu setempat,” sebut dr. Ariyanti yang dihubungi SelatanIndonesia.com, Kamis (27/6/2024).

Untuk aksi sosial di Puskesmas Baun nanti dr. Ariyanti mengatakan, pihaknya menghadirkan satu orang Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, serta 1-2 orang bidan RSCb dan beberapa staf Humas.

Ia menambahkan, manajemen RSCb akan tetap melanjutkan baksos pemeriksaan ibu hamil seperti ini di wilayah lainnya dalam waktu mendatang. “Kita ada juga menggelar baksos pemeriksaan dan pengobatan gratis di daerha terpencil. Baksos operasi bibir sumbing sudah beberapa kali kita lakukan yang bekerja sama dengan yayasan lain dan telah berjalan secara berkala. Rencana ingin buat baksos sunat medis ke depannya,” kata dr. Ariyanti.

Untuk diketahui, Antenatal Care (ANC) adalah pelayanan pemeriksaan yang ditujukan kepada ibu hamil untuk memastikan bahwa ibu serta janin dalam kondisi sehat selama masa kehamilan. Antenatal care mencakup identifikasi risiko, pencegahan komplikasi kehamilan, serta edukasi dan promosi kesehatan.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap