Melki Laka Lena Gelorakan Hidup Sehat, Siap Berjuang Bangun Tiga Puskesmas di Flotim

61
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena ketika disambut masyarakat Flores Timur dalam acara advokasi dan sosialisasi pelayanan kesehatan primer bersama masyarakat dan para tenaga kesehatan di Gedung OMK Keuskupan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Kamis (20/6/2024). Foto: Edy Naga

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Setelah sukses berjuang mengaktifkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Adonara dan Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Solor, kini Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena kembali berjuang untuk Pembangunan tiga Puskesmas di wilayah Kabupaten Flores Timur. Tiga Pusksesmas itu diantaranya Puskesmas Latonliwo, Puskesmas Adonara Barat Pegunungan, dan Puskesmas Ile Boleng Timur di Desa Gayak.

Komitmen untuk memajukan layanan kesehatan di Flores Timur itu diungkapkan Melki Laka Lena ketika bersama jajaran Kementrian Kesehatan RI menggelar kegiatan advokasi dan sosialisasi pelayanan kesehatan primer bersama masyarakat dan para tenaga kesehatan di Gedung OMK Keuskupan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Kamis (20/6/2024).

Disebutkan Melki Laka Lena, pelayanan kesehatan adalah  ujung tombak dari kita mencegah agar orang tidak sakit dan tetap sehat. “Kita memperkuat di posyandu, pustu, klinik, puskesmas dan teman-teman nakes juga kita dorong untuk betul-betul masuk ke lapangan dari rumah ke rumah di berbagai komunitas masyarakat sehingga masyarakat itu tau cara mencegah sakit, meningkatkan kesehatannya dan bisa menggunakan semua fasilitas pelayanan primer yang disiapkan,” sebut Melki Laka Lena.

“Jadi kita dorong agar orang tidak sakit, tetapi masyarakat kita tetap sehat dan tahu menggunakan berbagai layanan kesehatan dengan baik,” ujarnya menambahkan.

Melki Laka Lena menegaskan, seluruh Kabupaten di NTT yang punya tiga Rumah Sakit Pemerintah hanya di Flores Timur. “Saya piker, satu-satunya kabupaten di NTT yang memiliki tiga Rumah Sakit hanya ada di Flotim. Itu bagian dari komitmen kami untuk mendorong agar di Nagi ini semua pulau itu punya Rumah Sakit yang bisa membantu Masyarakat,” katanya.

Selain itu, usulan untuk pembangunan tiga Puskesmas di Flotim akan menjadi agenda perjuangannya. “Kami perjuangkan dan saya pasti bantu di ujung terakhir pengabdian saya sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI. Ini saya pastikan bahwa, mudah-mudahan tidak ada halangan dan persoalan sehingga tiga Puskesmas ini bisa dibangun tahun depan,” katanya.

“Diluar itu juga Pustu nanti ada di desa-desa atau gabungan desa, sekarang baru enam, dan saya akan perjuangkan itu agar makin banyak Pustu di seluru desa atau gabungan desa di Flores Timur,” katanya menambahkan.

Turut hadir saat itu Ketua Tim Kerja Perijinan dan Registrasi Fasyankes Primer Kemnkes RI, dr. Naneu Retna Arfani dan tim serta Kadis Kesehata Flotim dr. Ogie Silimalar, Anggota DPRD Flotim Yoseph Sani Betan dan Adam Beda Sabon serta tokoh masyarakat Lukman Riberu, Valens Tukan, Syaiman Peten Sili serta 600-an peserta kegiatan.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap