Lewa Raya Solid Dukung ULP-YH di Pilkada Sumba Timur

265
Pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali-Jonathan Hani ketika konsolidasi tim pemenangan di lapangan PPMT Kelurahan Lewapaku, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (14/6/2024). Foto: Dok.Tim ULP-YH

WAINGAPU,SELATANINDONESIA.COM – Dukungan untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali-Jonathan Hani atau yang dikenal dengan sandi politik ULP-YH makin meroket. Arus dukungan untuk pasangan bupati dan wakil bupati yang diusung Golkar, NasDem dan PKB itu kian bermunculan dari seluruh pelosok Sumba Timur.

Terkini, pada Jumat (14/6/2024) siang, pernyataan dukungan untuk pasangan ULP-YH datang dari masyarakat Lewa Raya yang tersebar di empat Kecamatan.  Sekitar 15.000 lebih masyarakat dari empat Kecamatan di Lewa Raya memadati lapangan PPMT Kelurahan Lewapaku, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur. Momentum itu adalah acara konsolidasi tim pemenangan pasangan ULP-YH untuk wilayah Lewa Raya.

Fungsionaris DPP Partai Golkar asal Sumba, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto yang diuhubungi SelatanIndonesia.com, Jumat (14/6/2024) mengatakan, dukungan kepada pasangan ULP-YH makin kencang di Masyarakat pasca pengumuman hasil survey Charta Politika. “Umbu Lili Pekuwali unggul jauh dengan competitor lainnya dalam survei yang digelar oleh lembaga survei Charta Politika,” katanya.

Dalam dokumen hasil survei yang diperoleh SelatanIndonesia.com, dijelaskan Umbu Kabunang Rudiyanto, survei terhadap elektabilitas calon Bupati Sumba Timur ini dilaksanakan pada 29 April – 4 Mei 2024 dengan jumlah responden mencapai 400 orang. “Survei ini dilaksanakan menggunakan metode tatap muka atau face to face, menggunakan multistage random sampling. Hasil survei ini menyebutkan, pada pertanyaan jika Pilkada Sumba Timur dilaksanakan hari ini, maka dari simulasi 4 nama, Umbu Lili Pekuwali unggul 41,0%, dari Christofel Praing yang meraih 35,5%, David Melo Wadu 9,0%, Stevanus Come Rihi 1,3%, dan sisanya 13,3% tidak tahu atau tidak menjawab,” tulis Charta Politika.

“Dalam survei yang sama dengan simulasi 3 nama, Umbu Lili Pekuwali juga unggul 41,3%, dari Christofel Praing yang meraih 36,3%, David Melo Wadu 9,0%, dan sisanya 13,5% tidak tahu atau tidak menjawab,” tulis Charta Politika.

Sementara dalam simulasi 2 nama, Umbu Lili Pekuwali juga dipastikan unggul 44,0% dari Christofel Praing yang meraih 37,3%. Sisanya 14,8% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Yonatan Hani Juga Unggul

Hasil positif juga diraih oleh bakal calon Wakil Bupati Yonahan Hani yang mendampingi Umbu Lili Pekuwali. Pada pertanyaan jika Pilkada Sumba Timur dilaksanakan hari ini, maka siapa calon Wakil Bupati yang dipilih?

Survei Charta Politika menemukan Yonathan Hani unggul 50,8% dibandingkan Frangky Ranggabani yang meraih 18,8% dan Yunus Takandewa yang meraih 5,5%.

“Apabila Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani berpasangan, maka pasangan ini akan meraih 49,8% suara. Unggul dari Khristofel Agung Praing dan Franky Ranggambani yang meraih 34,0%,”% tulis Charta Politika.

Sekedar tahu, dalam Pilkada Kabupaten Sumba Timur tahun ini, Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani dipastikan berpasangan. Keduanya diusung oleh Partai Golkar, NasDem dan PKB. (*/AB/Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap