Apresiasi Tinggi untuk Kejati NTT yang Hapus Kecemasan Publik

421
Frans Sarong, Liby Sinlaelo bersama pengurus DPD I Golkar NTT pose bersama Jonas Salean usai pemeriksaan di Kejati NTT, Rabu (5/6/2024). Foto: Kekson

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Partai Golkar memberikan apresiasi yang tinggi untuk Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT yang bertindak sangat independen dalam menangani perkara yang melibatkan Walikota Kupang periode 2012-2017, Jonas Salean. Golkar di semua tingkatan menyatakan siap secara total memenangkan Jonas Salean dalam pilkada Kota Kupang 27 November 2024 mendatang.

Apresiasi untuk Kejati NTT itu disampaikan Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Emmanuel Melkiades Laka Lena melalui Ketua Bapilu DPD I Partai Golkar NTT, Frans Sarong usai menemani Jonas Salean menjalani pemeriksaan dugaan perkara korupsi penyalahgunaan aset di Kejati NTT, Rabu (5/6/2024).

Menurut Frans Sarong, sikap Kejati NTT terhadap Jonas Salean telah menghapus kecemasan warga Kota Kupang, tentang dugaan bahwa Ketua DPD II Golkar Kota Kupang itu akan ditahan hari ini usai menjalani pemeriksaan. “Tapi ternyata kan tidak (ditahan). Partai Golkar menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang sangat tinggi kepada pihak Kejaksaan atas keputusannya yang membebaskan kecemasan masyarakat,” sebut Frans Sarong yang didampingi Sekretaris DPD I Golkar NTT Liby Sinlaeloe.

Mantan jurnalis Harian Kompas itu mengatakan, kendati terus didera persoalan hukum, namun keputusan Partai Golkar untuk mengusung Jonas Salean yang berpasangan dengan Alo Sukardan dalam Pilkada Kota Kupang sudah final. “Golkar tidak pernah berubah sikapnya yaitu dengan opsi Pak Jonas bersama Pak Alo Sukardan sebagai calon tunggal dari Partai Golkar untuk kontestasi pemilihan Wali Kota di Kota Kupang,” ujar Frans Sarong.

Tidak hanya itu, Frans sarong menekankan, jika Jonas Salean terus didera persoalan hukum, maka Partai Golkar tetap kawal hingga ujung. “Ternyata ujungnya di sore ini. Berdasarkan penjelasan Pak Jonas tadi, sudah tidak ada pemeriksaan lagi. Sudah berujung sampai sore ini. Jadi sekarang fokus melakukan sosialisasi untuk memenangkan Pilkada di Kota Kupang,” katanya.

Ia juga menepis adanya pengaruh politik dalam kasus dugaan korupsi yang diduga melibatkan Jonas Salean tersebut. Menurutnya, proses yang dijalani Jonas Salean adalah murni proses hukum.

Saat ini pun fokus Partai Golkar sepenuhnya adalah untuk memenangkan Pilkada Kota Kupang. “Golkar amat siap dan total untuk memenangkan Pak Jonas bersama Alo Sukardan di Kota Kupang. Partai Golkar terus membangun komunikasi dengan sejumlah partai untuk mengusung Jonas dan Alo Sukardan di Pilkada Kota Kupang. Sudah mulai mengerucut itu dengan PAN. Kalau dua partai ini sudah cukup. Tetapi tetap ada peluang untuk berkomunikasi dengan partai lain,” ujarnya.

Diketahui, bakal calon Wali Kota Kupang Jonas Salean akhirnya pulang ke rumah, usai diperiksa sekitar 9 jam di kantor Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (5/6/2024). Jonas diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut dengan tersangka Erwin Piga. Kepulangan Jonas Salean sekaligus mematahkan spekulasi yang menyebut anggota DPRD NTT itu akan ditahan hari ini.

“Saya diperiksa sebagai saksi,” ujar Jonas Salean kepada wartawan di Kupang usai menjalani pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Tinggi NTT.*/AB/Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap