NTT dalam Tindihan Beban Utang, Butuh Gubernur Seperti Melki Laka Lena

689
Tokoh politik dan pengacara Nasional asal pulau Sumba, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto, SH.,MH.,CLI

JAKARTA,SELATANINDONESIA.COM –  Kondisi fiskal Provinsi Nusa Tenggara Timur saat ini sedang dalam tindihan beban berat. Beban dimaksud adalah utang pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 1,3 triliun.

Utang itu harus diangsur pengembaliannya sela-ma empat tahun, sejak 2024 hingga lunas di tahun 2028 mendatang. Angsuran ditambah pokok pinjaman langsung dipotong dari DAU. Dengan utang itu membuat APBD NTT tentu saja menjadi sangat tertekan, apalagi jika menjadi satu-satunnya andalan mendongkrak pembangunan di provinsi ini.

“Untuk menghadapi kondisi itu, dan agar pembangunan di NTT tetap berlanjut, maka dibutuhkan sosok Gubernur NTT yang memiliki kemampuan luar biasa untuk menyiasatinya. Dan sosok yang pantas adalah Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena,” sebut pengacara Nasional asal pulau Sumba, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto, SH.,MH.,CLI kepada SelatanIndonesia.com, Jumat (31/5/2024).

Menurut Umbu Rudi Kabunang, Melki Laka Lena adalah sosok yang punya visi besar, cerdas, progresif, rendah hati dan punya pergaulan sangat luas, entah ke atas, ke samping atau ke bawah. “Pak Melki Laka Lena juga dikenal luas, tidak hanya oleh kalangan ketum parpol, tokoh bangsa dan berbagai pihak lainnya, tapi juga oleh Presiden,” sebut Umbu Kabunang Rudiyanto.

Umbu Kabunang Rudiyanto juga menyebut sosok Melki Laka Lena adalah pendatang baru di Senayan atau DPR RI, namun sudah mendapat kepercayaan sebagai Wakil Ketua Komisi IX. “Pak Melki Laka Lena itu, satu-satunya wakil rakyat asal NTT di Senayan yang kini menduduki jabatan pimpinan komisi. Jadi mulai Presiden, Ketum Golkar serta para pimpinan Parpol lain dan para elite bangsa ini sangat mengenal Pak Melki Laka Lena. Modal relasi seperti ini memudahkan Pak Melki Laka Lena memperjuangkan berbagai paket pembangunan untuk NTT,” sebutnya.

“Apa lagi Pak Melki Laka Lena menjadi ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Prabowo Subiyanto dan Gibran Rakabuming Raka dan membawa pasangan ini menang telak di NTT. Ini membuktikan kedekatan yang sitimewa Pak Melki Laka Lena dengan Presiden dan Wakil Presiden terpilih sehingga menjadi salah satu keungggulan Pak Melki Laka Lena dalam membangun NTT,” ujarnya menambahkan.

Berbagai keunggulan komparatif yang melekat pada diri Melki Laka Lena itulah menjadi alasan mendasar bagi Umbu Kabunang Rudiyanto untuk bekerja menggalang dukungan Masyarakat NTT khususnya di pulau Sumba untuk memenangkan Melki Laka Lena. “Kita kerahkan semua kekuatan untuk menggalang dukungan Masyarakat untuk memenangkan Pak Melki Laka Lena pada pilgub NTT 27 November 2024 mendatang,” tegas Umbu Kabunang Rudiyanto.

Untuk diketahui, Melki Laka Lena telah menyatakan keseriusannya untuk maju bertarung dalam pencalonan Gubernur NTT periode 2024-2029. Ia telah mendaftarkan diri pada sejumlah partai politik yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat (PD), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap