Rote Ndao Melejit, Setelah Diapresiasi Kemendagri Kini Raih Opini WTP BPK

237
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH berjabat tangan usai menerima LHP BPK atas LKPD Kabupaten Rote Ndao Tahun Anggaran 2023 bersama Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao Alfred Saudila, A.Md, kamis (30/05/2024) di Kupang. Foto: Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Kabupaten Rote Ndao dalam pekan ini mendapat dua apresiasi atas capaian kinerja yang positif dalam Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan. Sebelumnya, pada Selasa 28 Mei 2024, Kementerian Dalam Negeri melalui Inspektorat Jenderal memberikan apresiasi positif atas capaian kinerja pelaksanaan tugas Penjabat Bupati Rote Ndao yang memenuhi 111 Indikator Kinerja dan 10 Indikator Prioritas pada Triwulan Pertama.

Kini, kabupaten yang berada di titik paling Selatan dalam gugusan NKRI itu kembali menuai capaian positif. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTT dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Rote Ndao Tahun Anggaran 2023, memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pencapaian ini merupakan bentuk komitmen dan upaya nyata dari seluruh jajaran Pemkab Rote Ndao dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik dan profesional. Penyerahan LHP BPK dengan Opini WTP, dilakukan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTT di Kupang.

Penyerahan LHP oleh BPK Perwakilan Provinsi NTT, diterima langsung oleh Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao Alfred Saudila, A.Md, Kamis (30/5/2024).

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan rasa syukur atas Opini WTP yang diberikan kepada Kabupaten Rote Ndao. Ia menyampaikan apresiasi kepada BPK Perwakilan Provinsi NTT juga terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga Kabupaten Rote Ndao dapat mempertahankan Opini WTP.

Opini WTP dari BPK menunjukan tata kelola keuangan daerah dilaksanakan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyatakan, capaian ini adalah hasil dari kerja keras dan komitmen bersama seluruh jajaran Pemerintah Daerah dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang baik untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengungkapkan pentingnya mempertahankan prestasi ini di tahun-tahun mendatang. Menurutnya, Opini WTP bukan hanya sekadar pencapaian, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangan secara efektif dan efisien dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat

Diketahui, BPK Perwakilan NTT menyerahkan LHP BPK atas LKPD Pemerintah Kabupten Rote Ndao Tahun Anggaran 2023. Selain Kabupaten Rote Ndao, BPK Perwakilan NTT juga menyerahkan LHP kepada Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Alor yang diterima masing-masing Pj. Bupati.*/)Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Center Align Buttons in Bootstrap