Kado HUT Ke-41 BPKP, Uang Negara Senilai Rp 68 Miliar di NTT Diselamatkan

27
Pose bersama Pimpinan dan Pegawai BPKP Provinsi NTT usai Upacara Bendera HUT ke-41 BPKP di Kantor BPKP Provinsi NTT, Kamis (30/5/2024). Foto: SelatanIndonesia.com/Adit Adu

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Sepanjang tahun 2023, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi NTT berhasil menyelamatkan keuangan negara senilai Rp 68,9 Miliar. Capaian tersebut menjadi kado indah dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-41 BPKP yang berlangsung Kamis (30/5/2024) di Kantor BPKP Provinsi NTT.

“BPKP Provinsi NTT dalam melakukan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Tahun 2023, total penyelamatan yang dicapai sebesar Rp 68,9 Miliar, efisiensi keuangan negara/daerah sebesar Rp 16 Miliar, dan optimalisasi penerimaan asli daerah sebesar Rp 1,5 Miliar,” sebut Kepala BPKP NTT Rizal Suhaili kepada wartawan usai perayaan HUT.

Menurutnya, BPKP NTT juga mengidentifikasi belanja negara/daerah senilai Rp5,7 Triliun yang manfaatnya dapat lebih optimal, jika perencanaan dan penganggaran diperbaiki. “Pada periode Januari 2023 sampai Maret 2024, BPKP NTT bersama Kejaksaan melakukan penanganan 3 kasus penyimpangan keuangan Negara yang telah inkract dengan total kerugian negara sebesar Rp6.095.466.234,” terangnya.

Secara umum, kata Rizal, BPKP terus mendampingi Pemda untuk peningkatan akuntabilitas, di samping itu kegiatan pengawasan yang sifatnya permintaan APH.

“Seluruh anggaran perencanaan anggaran Pemda itu kita awasi. Kita harapkan ada peningkatan kualitas perencanaan anggaran Pemda, agar uang rakyat itu disalurkan dan dipakai dengan baik,” ungkapnya.

Dikatakan Rizal, BPKP Provinsi NTT juga terus berkolaborasi dengan inspektorat di setiap Pemda, agar uang negara bisa diselamatkan.

“Harapan saya untuk Pemda di NTT, pertama pastikan kualitas tata kelola keuangan itu bagus, tentu dimulai dari perencanaan yang bagus. Kedua, tentu kita berharap, anggaran itu harus bermanfaat untuk kepentingan rakyat,” jelasnya.

Rizal menamabahkan, tahun 2024 ini, BPKP NTT terus melakukan Pengawasan terhadap sejumlah Proyek Strategis Nasional di NTT, diantaranya: PSN Pengembangan Pelabuhan Kupang, PSN Terminal Multipurpose Labuan Bajo, PSN Bandar Udara Komodo – Labuan Bajo, PSN Bendungan Napun Gete, PSN Bendungan Temef, PSN Bendungan Manikin, PSN Bendungan Mbay, PSN Program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), PSN Program Pengembangan Kawasan Perbatasan PLBN Oepoli, PSN Program Pengembangan Kawasan Perbatasan PLBN Napan, PSN Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pembangunan Kawasan Otorita Labuan Bajo Flores, dan PSN Food Estate Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Asal tahu saja, untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-41 BPKP Tahun 2024, Perwakilan BPKP Provinsi NTT mengadakan Upacara Bendera dengan Tema “Berakselerasi Bersama Untuk Indonesia Hebat”.

Upacara dipimpin langsung oleh Bapak Rizal Suhaili, selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT, bertempat di Halaman Kantor Perwakilan BPKP Provinsi NTT yang di hadiri oleh seluruh pegawai, para DWP (Drama Wanita Persatuan) dan para purnabhakti. *)AB/Adit Adu

Center Align Buttons in Bootstrap