Gandeng BKKBN dan Pemda Rote Ndao, Melki Laka Lena Ajak Para Suami Kerja Keras Penuhi Gizi Isteri dan Anak

73
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena ketika Bersama BKKBN NTT dan Pemda Rote Ndao melakukan kampanye percepatan penurunan stunting di Aula Hotel Videsi, Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (27/5/2024). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

BAA,SELATANINDONESIA.COM – Kerja keras dalam semangat kolaboratif tiada henti dilakukan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena untuk berkampanye tentang percepatan penurunan stunting di Nusa Tenggara Timur.

Hampir di seluruh pelosok NTT, Melki Laka Lena menggandeng mitra kerjanya di Komisi IX DPR RI yaitu BKKBN untuk mencerdaskan Masyarakat agar memahami soal stunting dan cara pencegahan. Tidak hanya itu, Melki Laka Lena juga membahas soal kesehatan ibu hamil dan bayi, usia ideal menikah, resiko nikah muda, serta asupan makanan bergizi untuk ibu hamil.

Melki Laka Lena dalam berbagai kesempatan kampanye percepatan penurunanan stunting, selalu mengingatkan para suami untuk lebih memprioritaskan kesehatan istri yang sedang hamil dan menyusui. Ia menegaskan pentingnya peran suami atau laki-laki dalam memastikan kesejahteraan keluarga, terutama menyediakan makanan bergizi.

“Bagi para suami, terutama yang memiliki istri yang sedang hamil, adalah kewajiban untuk bekerja keras mencari uang demi kebutuhan keluarga, terutama untuk makanan sehat dan bergizi,” ujar Melki Laka Lena ketika Bersama BKKBN NTT dan Pemda Rote Ndao melakukan kampanye percepatan penurunan stunting di Aula Hotel Videsi, Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (27/5/2024).

Disebutkan Melki Laka Lena, ketika istri sedang hamil dan menyusui, prioritas utama haruslah diberikan asupan makanan bergizi untuk mendukung kesehatan dan perkembangan bayi. “Harus siapkan ikan, daging, telur, dan susu untuk memenuhi kebutuhan gizi istri yang sedang hamil,” katanya.

Selain itu, Melki Laka Lena juga mengingatkan para suami untuk menghindari konsumsi minuman keras (miras) dan rokok. “Hindari miras dan rokok, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan istri dan bayi yang dikandungnya. Dan yang terpenting adalah area putting susu ibu yang sedang menyusuhi agar dijaga dengan baik dan hanya diperuntukan bagi bayi,” tegas Laka Lena.

Penjabat Bupati Rote Ndao yang diwakili Asisten Satu Setda Kabupaten Rote Ndao Untung Harsito mengatakan, aksi yang dilakukan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena Bersama BKKBN NTT ini diharapkan menambah pengetahuan dan pengalaman bagi kader dan masyarakat Rote Ndao. “Materi yang diberikan hari ini diharapkan dapat membawa kontribusi postif dalam program, percepatan penurunan stunting dan KB di wulayah Rote Ndao,” sebutnya.

Selain itu, kegiatan yang digelar ini bisa memnbawa peningkatan kerja sama lintas instansi teknis agar penanganan bersama dalam semangat kemitraan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. “Kami juga mengharapkan agar Pak Melki Laka Lena terus memberikan perhatian bagi daerah kami Rote Ndao,” katanya.

Selain Melki laka Lena dan Penjabat Bupati Rote Ndao, materi tentang percepatan penurunan stunting juga disampaikan oleh Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Mikhael Yance Galmin dan Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Rote Ndao Regina A. F. Kedoh.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Adrianus Lau, Anggota DPRD Fraksi Golkar Meksi Moy dan Anton Ndun. Hadir pula Ketua IIPG NTT Ny. Asti Laka Lena, dan tokoh Perempuan NTT Libby Sinlaeloe, serta Ketua dan Anggota IIPG Kabupaten Rote Ndao, serta sekitar 300 warga masyarakat kabupaten Rote Ndao dan pers.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap