Pesan Kemitraan Pj. Bupati Rote Ndao Ketika Kukuhkan Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak

156
Penyambutan Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat tiba di acara pengukuhan Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak, Senin (15/4/2024). Foto: Bidkom_DKISP Rote Ndao

ROTENDAO,SELATANINDONESIA.COMLembaga Adat Mbauleo-Leoanak Desa Balaoli, Kecamatan Loaholu, Kabupaten Rote Ndao resmi dikukuhkan, Senin (15/4/2024). Ceremonial pengukuhan berlangsung di Dusun Balaoli Timur, Desa Balaoli yang dihadiri Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM.

Pengukuhan Lembaga Adat ini sebagai wujud pelestarian kearifan lokal sebagai warisan budaya daerah. Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengungkapkan pesan semangat, dedikasi dan tanggungjawab Lembaga Adat ditengah masyarakat serta fungsi kemitraan bersama pemerintah dalam mendukung pembangunan daerah.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menegaskan pentingnya lembaga adat sebagai penjaga nilai-nilai budaya dan tradisi yang telah turun-temurun diwariskan oleh leluhur. Lembaga adat yang baru dikukuhkan tersebut akan berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“Lembaga adat berperan penting dalam masayarakat. Sebagai Maneleo, harus adil dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam Leonya. Tentunya Maneleo juga dengan penuh semangat dan dedikasi akan bekerja dengan penuh tanggung jawab,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Sejalan dengan itu, Lembaga Adat juga menjadi mitra bagi pemerintah dalam menyukseskan berbagai kebijakan program dan kegiatan yang berpihak pada kepentingan masyarakat adat diwilayahnya masing-masing. Strategisnya peran Lembaga Adat, Pj. Bupati Oder Maks pun menyampaikan apresiasi atas prosesi pengukuhan yang dilaksanakan serta terhadap dukungan seluruh masyarakat dengan hadir bersama.

Ceremonial pengukuhan diawali dengan penerimaan secara adat dengan tarian, pengalungan selendang dan pemakaian Topi Ti’i langga oleh Maneleo Koordinator Lunafandu Arkhimes Molle, SH.,MA kepada Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao. Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga didampingi Camat Loaholu Jemi O Adu, SH.

Pengangkatan Pengurus Lembaga Adat Suku Mbauleo-Leoanak berdasarkan Surat Keputusan Maneleo Mbauleo Nusak Dengka Nomor : 03/LA-MM/IV/2024 tanggal 15 April 2024 tentang Pengangkatan, Maneleo, Manedombe, Mafade dan Penasehat Leo Mbauleo Leoanak Desa Balaoli.

Diketahui, Pengurus Lembaga Adat Suku Mbauleo-Leoanak yang dikukuhkan yakni Lazarus Henukh sebagai Maneleo Mbauleo Leoanak, Aprianus Adu sebagai Manedombe, Lamber Fanggi sebagai Mafadek dan Herianus Lengga sebagai Penasehat Leo Mbauleo Leoanak.*/Bidkom_DKISP Rote Ndao/Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap