Warga Rote Diaspora Meriahkan Festival Bale Nagi

139

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Pemerintah Kabupaten Flores Timur (Flotim) Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Festival Bale Nagi Tahun 2024, yang dimulai hari ini, Selasa (2/4/2024).

Kegiatan Festival Bale Nagi Tahun ini dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari dan berakhir pada 5 April 2024. Kegiatan ini dipusatkan di Taman Kota Felix Fernandez Larantuka.

Pantauan media ini, kegiatan Festival Bale Nagi diawali dengan kegiatan pawai Karnaval Budaya. Sedikitnya, 3.050 peserta mulai TK/PUAD, SD, SMP, SMA/SMAK, Perangkat Daerah (OPD), Komunitas dan Paguyuban di Flores Timur ikut memeriahkan iven tahunan yang biasa digelar setelah Semana Santa itu.

Di antara ribuan peserta yang menghadiri kegiatan Karnaval Budaya itu, hadir juga perwakilan dari warga diaspora Rote Ndao yang ada di Kabupaten Flores Timur berjumlah 35 orang.

Ketua Paguyuban Rote Ndao Flores Timur Adrianus Nale mengapresiasi Pemkab Flotim yang memberikan ruang kepada paguyuban Rote Ndao untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Kami sebagai orang Rote di Nagi sangat bangga dengan pemerintah Flores Timur yang memberi ruang kepada kami untuk memperkenalkan budaya Rote dan atribut Rote dalam Festival Bale Nagi,” ujar Adrianus kepada media ini, Selasa (2/4/2024).

Ia menyampaikan, keterlibatan etnis Rote Ndao dalam Festival Bale Nagi sekaligus sebagai bentuk kerja sama dan dukungan untuk keberhasilan program pemerintah.

“Kami berharap Festival Bale Nagi tetap dipertahankan dan dilaksanakan setiap tahun dan melibatkan semua paguyuban yang ada di Flores Timur,” harapnya.

Penjabat Bupati Flores Timur Doris A. Rihi dalam sambutannya sebelum melepas peserta Karnaval Budaya menyampaikan terima kasih atas semua dukungan, partisipasi dan keterlibatan semua pihak dalam Festival Bale Nagi.

Ia mengajak seluruh masyarakat melalui penyelenggaraan Festival Bale Nagi ini mewartakan kebaikan, keindahan, dan keragaman tentang Lewotanah, Kabupaten Flores Timur ke seluruh penjuruh tanah air dan dunia.

“Hari ini kita temukan keunikan, keragaman, kebaikan dan keindahan di Lewotanah Flores Timur. Mari kita wartakan kebaikan, keindahan, dan keragaman di Lewotanah ke seluruh penjuru,” tandasnya.*/Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap