Bara Api di PAN NTT, Awang Diganti Ahmad Yohan

844
Anggota Fraksi PAN DPR RI, Ahmad Yohan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Tensi politik di internal Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang memanas. Posisi Ketua DPW PAN NTT yang selama ini dijabat oleh Awang Notoprawiro, kini digantikan oleh Anggota DPR RI, Ahmad Yohan yang akrab disapa Ayo.

Diduga, pergantian Awang oleh Ayo lantaran dalam pemilu presiden belum lama ini Awang mendeklarasikan dukungan bukan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabiming Raka melainkan mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ahmad Yohan mengakui diberi mandat oleh DPP PAN untuk menjabat ketua DPW PAN NTT periode 2020-2025.  “Benar,” tulis Ahmad Yohan, Jumat 29 Maret 2024 lewat pesan WhatsApp yang dilansir dari Pos Kupang.com.

Menurut Ahmad Yohan, pergantian terebut untuk memberi penyegaran di tubuh DPW PAN NTT. Dan, perombakan itu pun merujuk pada hasil Pemilu 2024. “Kinerja dan hasil pemilu menjadi pertimbangan utama dilakukannya penyegaran kepengurusan,” sebut Ayo.

Tidak hanya itu, sebut dia, prestasi, dedikasi dan loyalitas  menjadi ukuran penting dalam mengemban tanggungjawab sebagai struktural PAN. Sejalan dengan pergantian itu, Ahmad Yohan menyebut untuk mendorong pengurus agar lebih progresif. “Agar lebih aktif dan progresif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab,” ujarnya.

Selain pergantian pengurus di tingkat DPW PAN NTT, Ayo juga mengatakan, pergantian bakal dilakukan juga hingga ke DPD PAN Kota dan Kabupaten se NTT. “Nanti akan dilakukan rasionalisasi dan reshuffle pengurus baik di DPW dan DPD,” sebut politisi asal Flores Timur itu.

Ia mengaku agenda perombakan itu juga berkenan dengan persiapan Pilkada 2024. PAN, kata dia, akan memprioritaskan kader dan tokoh eksternal yang dianggap punya kemampuan di samping punya integritas. “Saya di DPR saja. Masih banyak tokoh yang hebat dan lebih baik untuk kita didorong di Pilkada,” kata Ayo.

Adal tahu saja, sebelum gelaran Pilpres 2024, DPW PAN NTT memberikan sikap politik yang berbeda dengan instruksi ketua umum untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Ketua DPW PAN NTT, Awang Notoprawiro bersama sejumlah pengurus mendeklarasikan diri mengukung pasangan Ganjar-Mahfud. Deklarasi itu dilaksanakan di Kupang pada Sabtu (15/10/2022).

Padahal sebelumnya, DPP PAN telah resmi mendeklarasikan dukungan bagi Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Deklarasi dukungan ini disampaikan PAN bersama Golkar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas secara langsung menyampaikan dukungan itu. Hadir sejumlah elite PAN seperti Waketum PAN Yandri Susanto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Daulay, dan Putri Zulkifli Hasan. Hadir juga Ketua PAN DKI Eko Patrio dan Ketum BM PAN Sigit Purnomo Said atau Pasha. Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki.

Awang yang dkonfirmasi SelatanIndonesia.com sejak Sabtu (30/3/2024) pagi belum memberikan keterangan terkait dirinya digantikan oleh Ahmad Yohan sebagai Ketua DPW PAN NTT. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap