Toleransi Nyata dari Natal Nasional Golkar di Labuan Bajo, Doa Dipimpin Ketua NU Mabar H. Ishak Muhammad Jabi

195
Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum IIPG Ny. Yanti Airlangga beserta Pimpinan DPD I Golkar NTT dan DPD II Golkar Kota dan Kabupaten se NTT dalam acara Natal Nasional Golkar yang digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (14/1/2024). Foto: SI/LLT

LABUANBAJO,SELATANINDONESIA.COM – Toleransi dan perwujudan nilai-nilai Pancasila terpampang nyata dalam acara Natal Nasional Partai Golkar yang digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (14/1/2024).

Usai ibadah perayaan Natal Nasional Golkar yang kedua kalinya digelar DPP Golkar di Labuan Bajo, turut didoakan oleh pimpinan lintas Agama di Manggarai Barat diantaranya Romo Manfred Habur, Pr, Pdt. Rudi Siswanto, S,Th, dan Made Sudana dari Perwakilan Agama Hindu serta Haji Ishak Muhammad Jabi selaku Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Manggarai Barat.

Dihadapan Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto yang didampingi Ketua Umum Ikatan Isteri Partai Golkar (IIPG) Yanti Airlangga, Romo Manfred Habur, Pr serta tiga pimpinan lintas agama lainnya mendaulatkan Haji Ishak Muhammad Jabi memimpin Doa Natal Nasional Partai Golkar. “Ini luar biasa Pak Melki, acara Natal Nasional Golkar tetapi yang pimpin doa seorang Haji yang Ketua NU lagi. Ini toleransi yang nyata dan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya,” ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melki Laka usai khusuk berdoa bersama.

Partai Golkar menggelar perayaan Natal Nasional untuk kedua kalinya di kota seribu sunset di ujung barat Pulau Flores itu. Sebelumnya, perayaan Natal Nasional Partai Golkar 2019 juga dilaksanakan di Labuan Bajo pada 26 Januari 2020 lalu. “Dua kali Partai Golkar menggelar Natal Nasional di Labuan Bajo, karena kita ingin menang di NTT,” kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dalam sambutannya.

Menko Perekonomian RI itu optimistis, pada Pemilu 2024 ini Partai Golkar akan menjadi pemenang di NTT. Sebab pada Pemilu 2019 lalu, Partai Golkar menempati urutan kedua di bawah PDIP. “Saya yakin, kali ini Partai Golkar menang di NTT. Apalagi ini yang kedua Partai Golkar merayakan Natal Nasional di NTT,” sebutnya.

Airlangga Hartarto pun mengajak seluruh masyarakat NTT, untuk bersama-sama memenangkan Partai Golkar pada Pileg 2024. Apalagi Partai Golkar paling depan dalam mendukung program-program Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang juga telah banyak membangun NTT.

“Saya minta masyarakat NTT untuk mendukung program-program Presiden Jokowi, juga Partai Golkar yang memang terdepan mengusung dan mendukung Pak Jokowi,” ujarnya.

“Dan kita tahu arah Pak Jokowi pada Pemilu 2024 ke mana, jadi kita ke sana. Mari kita sama-sama memenangkan pasangan Prabowo – Gibran pada Pilpres 2024,” ujar Airlangga.

Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto yang sudah dua kali menggelar Natal Nasional Golkar di Labuan Bajo. “Perayaan Natal Nasional kali ini di Labuan Bajo mau memberikan pesan bahwa Golkar mau menang dengan damai. Dan yang terpenting adalah bergegas, berjumpa dan bersukacita. Sehingga para caleg Golkar di NTT harus bergerak terus menjumpai banyak orang yang membutuhkan sentuhan kita dan membawa suka cita kemana-mana,” sebut Melki Laka Lena.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini juga mengatakan, perayaan Natal Nasional Golkar kali ini sudah diawali dengan beragam aksi sosial kemanusiaan diantaranya membantu penanganan pengungi erupsi Gunung Lewotobi di Flotim yang tersevar di tujuh posko. “Kita juga membantu menangani korban bencana putting beliaung di Kabupaten Manggarai, itu dilakukan pada Jumat 12 Januari lalu. Sedangkan pada Sabtu 13 Januari kemarin, ada pemberian ribuan paket makan siang dan susu gratis untuk anak-anak di Labuan Bajo, dan di Kabupaten dengan stunting tertinggi di NTT yaitu di Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan di Sumba Barat Daya. Ini kita lakukan sejalan dengan program Pak Prabowo-Gibran,” kata Melki Laka Lena.

Tampak hadir dalam Natal Nasional Partai Golkar itu Sekjen DPP Golkar Lodewijk F. Paulus, anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Christin Ariyani dan Putri Komarudin, jajaran pengurus DPP Partai Golkar diantaranta Tantowi Yahya, Herman Hayong, Rizal Malarangeng, Agus Silaban, Johanes Dwi Hartanto, Angel da Silva serta Sekjen AMPG Syafaat Perdana. Juga Perwakilan Ketua DPD I Partai Golkar se-Indonesia Lambert Gitmau Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat Daya dan Silvy Wanma dari Raja Ampat, Wanhat Golkar NTT dr. Charles Mesang, Sekretaris DPD I Golkar NTT yang juga Wakil Ketua DPRD NT Dr. Inche Sayuna, Fraksi Partai Golkar DPRD NTT diantaranya Hugo Rehi Kalembu, Gabriel Manek, Jonas Salean, Yohanes De Rosari, John Oematan, Maksimilianus Adi Pati Pari dan Siprianus Reda. Juga Ketua DPD II Partai Golkar se-NTT, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten/Kota se-NTT.

Hadir pula Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Bupati Manggarai Timur Andreas Agas, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, Wakil Bupati Manggarai Heri Ngabut, tokoh agama, serta tokoh masyarakat di Labuan Bajo.*/)LLT

 

Center Align Buttons in Bootstrap