Math Goes To Rote, 60 Mahasiswa Matematika FST Undana Studi Ekskursi di Selatan NKRI

61
Pose bersama Wakil Bupati Rote Ndao, Stevanus M. Saek dengan mahasiswa Program Studi Matematik Fakultas Sains dan Teknik (FST) Universtas Nusa Cendana Kupang yang melakukan Studi Ekskursi, Pengabdian dan Sosialisasi Program Studi di Kabupaten Rote Ndao, Jumat (22/9/2023). Foto: Bidkom-DKISP RN)

BA’A,SELATANINDONESIA.COM – Program Studi Matematik Fakultas Sains dan Teknik (FST) Universtas Nusa Cendana Kupang melakukan Studi Ekskursi, Pengabdian dan Sosialisasi Program Studi di Kabupaten Rote Ndao sejak 22 september 2023. Sebanyak 60 mahasiswa bersama 9 Dosen Prodi Matematika FST Undana terlibat dalam kegiatan yang bertemakan Math Goes To Rote.

Acara pembukaan dihadiri Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, SE,M.Si bersama para Asisten dan pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao, Jumat (22/9/2023) di auditorium Ti’i Langga.

Kehadiran para mahasiswan dan dosen Prodi Matematika dipimpin Wakil Dekan I FST Undana Dr. Dra. Maria Agustina Kleden,M.Sc dan Farly O. Haning,S.Si, M.Si, selaku Dosen dan Ketua Panitia Penyelenggara. Acara pembukaan diisi dengan pemberian Plakat dari Prodi Matematika FST Undana kepada Pemda Rote Ndao.

Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, memberikan apresiasi dan  selamat datang kepada para dosen dan mahasiswa dalam Studi Ekskursi, Pengabdian dan Sosialisasi Program Studi di Kabupaten Rote Ndao. “Terima kasih kepada civitas akademika Undana Kupang yang memilih Rote Ndao sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini. Selamat datang Ibu Wakil Dekan, dosen dan seluruh mahasiswa studi ekskursi. Terima kasih karena Rote Ndao dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Saya sampaikan penghargaan bagi civitas akademika Undana Kupang dan juga para dosen yang mendampingi mahasiswa dalam kegiatan ini,” ungkap Wabup Stef.

Dikatakan Wabup Stef, perkembangan dunia yang kian maju sehingga peran ilmu matematik menjadi penting dalam menyelesaikan berbagai problem kehidupan. Matematika aplikasinya ada dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak sebatas menjadi guru atau dosen saja. Lulusan matematika mesti berpikir bahwa matematika harus hadir dalam dunia kerja termasuk di pemerintahan

Karena itu, rangkaian kegiatan ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan dan memperkuat tali persaudanaan. Ini sebagai langkah penting untuk mempersiapkan diri berkontribusi bagi masyarakat dan dunia luas.

“Saya berharap mahasiswa mempelajari ilmu dengan sebaik-baiknya diluar kelas, mengeksplorasi potensi sumber daya dengan pihak lokal. Ini Langkah penting untuk mempersiapkan diri berkontribusi bagi masyarakat dan dunia luas,” pinta Wabup Stef.

Wakil Dekan I FST Undana Dr. Dra. Maria Agustina Kleden,M.Sc menyampaikan terima kasih atas penerimaan oleh Pemda Rote Ndao. Ini sebagai ruang untuk para mahasiswa dan dosen belajar lebih banyak tentang hal-hal praktis dimasyarakat. Dirinya berharap para mahasiswa menggunakan kesempatan ini dengan baik.

“Terima kasih kepada Pemda Rote Ndao karena sudah menerima kami dengan baik. Ini ruang yang diberikan bagi kami para mahasiswa dan dosen untuk belajar lebih banyak lagi. Maka perlu menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Banyak hal yang bisa didapatkan. Sekali lagi salam dan terima kasih dari Dekan dan Ketua Program Studi.

Dosen sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Farly O. Haning,S.Si, M.Si menjelaskan, melalui kegiatan studi ekskursi mahasiswa diharapkan menjadi lebih kreatif, inovatif dan kritis menghadapi permasalahan di dunia kerja. Sebab, katanya, studi ekskursi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari kehidupan dunia kerja yang membuatnya mengenal lebih dekat kondisi riil di dunia kerja.

Lanjut Farly, untuk kegiatan Pengabdian dipusatkan di SMP Negeri 4 Rote Barat Daya sebanyak tiga judul pengabdian dengan subyek pengabdian guru dan. Kegiatan Pengabdian diikuti pula oleh 8 dosen pembimbing yang memberikan manfaat bagi guru dan siswa. Sementara Sosialisasi Prodi Matematika FST Undana dipusatkan di SMA Negeri 1 Rote Barat Daya dan SMA Negeri 1 Rote Barat Laut.*/) Bidkom-DKISP RN)

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap