STIPAS Keuskupan Agung Kupang Kian Melejit Lewat Penuliasan Jurnal Online

46
Delegasi TIPAS Keuskupan Agung Kupang. Foto: Dok.STIPAS

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Sekolah Tinggi Pastoral (STIPAS) Keuskupan Agung Kupang mengikuti Pelatihan Penulisan Jurnal Online Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia yang bertempat di Hotel Gran Melia Kuningan, Jakarta Selatan sejak 10-14 September 2023.

Kegiatan Pelatihan Penulisan Jurnal Online Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik dihadiri oleh semua Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik se-Indonesia yang dibimbing langsung oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIPAS Keuskupan Agung Kupang, Petrus Tamelab, S.Fil.M.Th dalam keterangan tertulis yang diterima SelatanIndonesia.com mengatakan, salah satu misi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) adalah mengembangkan kualitas penelitian riset dan penulisan ilmiah melalui pelatihan-pelatihan.

“Hal yang menjadi catatan penting adalah pelatihan penulisan jurnal online menjadi aspek penting dalam mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi. Muara dari riset dan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen saat ini adalah penulisan artikel berkualitas yang dipublikasi pada jurnal bereputasi atau terindeks sinta dan scopus,” sebut Petrus.

Dikatakan Petrus Tamelab, urgensi dari pelatihan jurnal online adalah membuka cakrawala berpikir para dosen untuk menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk artikel yang akan dipublikasi,bukan sekadar berbicara tanpa berbuat sesuatu. “Para dosen semakin terobsesi dan bersemangat dalam melakukan riset penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang berkualitas demi mendukung akreditasi institusi dan prodi yang berdaya saing secara nasional maupun global,” katanya.

Ia berharap, semoga riset dan pembadian kepada masyarakat (PKM) jangan hanya menjadi dokumen usang, melainkan dirancang secara baik dan elegan menjadi sebuah pemikiran yang berkualitas untuk menjadi sebuah referensi aktual bagi mereka yang lain

Dijelaskan, STIPAS Keuskupan Agung Kupang dibentuk menjadi dua kelompok yakni kelompok 1 (Satu) RD. Florens Maxi Un Bria, S.Ag,M.Sos, Petrus Tamelab,S.Fil.M.Th, Graciana Amanda Bele,ST.MM dan Bonevantura Jemy Bria,S.Pd.,M.Pd mendapat rekomendasi tulisan dipublish Scopus Q1 dan kelompok 2 (dua) Antonius I.N.Tukan,S.Fil.M.Th, Maria H. L.Ngongo,M.Th, Emilia D. Taek, S.Ag.MM, Emanuel I.D. Jee’Maly,S.Fil.M.Pd dan Valentinus K.Masan,S.Pd mendapat rekomendasi tulisan dipublish Scopus Q3 oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).*/)Aldy Henukh

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap