Perahu Besar Pendukung Prabowo, 261 Kursi Parlemen

214
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra (dari depan kiri ke kanan) foto bersama dengan para pengurus partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (14/9/2023). Foto: KOMPAS

JAKARTA,SELATANINDONESIA.COM – Partai Demokrat resmi menyatakan dukungan terhadap Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres). Kekuatan Prabowo di DPR menjadi 261 kursi di DPR atau setara dengan 45,42% persen setelah Partai Demokrat resmi bergabung.

Dilansir dari detikNews, sejumlah elite partai pendukung Prabowo melakukan pertemuan di kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor. Demokrat menitipkan agenda perubahan pada Prabowo saat pertemuan antara elite Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai menyatakan dukungan.

“Dalam pertemuan di Hambalang, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan hasil keputusan MTP Demokrat yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024,” kata Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya dalam keterangannya, Minggu (18/9/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Mejelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ditemani Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bertemu dengan Prabowo Subianto, yang juga Ketum Partai Gerindra. Hadir pula Ketum atau pimpinan partai dari Partai Golkar, PAN, PBB, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda, dan Partai Prima.

“Pada kesempatan itu, Ketum AHY juga menitipkan agenda perubahan dan perbaikan yang diusung Partai Demokrat; yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki,” katanya.

Teuku Riefky menegaskan AHY akan mengumumkan secara resmi dukungan untuk Prabowo sebagai Capres. Pengumuman itu akan disampaikan pada 21 September 2023. “Adapun deklarasi resmi untuk keputusan ini, akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023, yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia,” katanya.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan Partai Demokrat telah resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres. Dukungan itu disampaikan dalam kunjungan SBY, dan AHY ke kediaman Prabowo di Hambalang.

“Kepada Kader Partai Gerindra di Seluruh Indonesia. Pada hari ini kita, Partai Gerindra telah menerima satu kehormatan dengan bertambahnya kekuatan dalam menghadapi pemilu presiden 2024,” kata Dasco dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

“Di mana pada hari ini, Partai kita telah resmi menerima bergabungnya Partai Demokrat ke dalam Koalisi Indonesia Maju,” katanya. Menurut Dasco, keputusan Demokrat merupakan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat. Sehingga, Demokrat akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Dan dalam pertemuan itu, Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang menyatakan partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024,” katanya.

“Apa yang telah terjadi hari ini adalah sesuatu yang membuat kita bangga, sesuatu yang membuat kita kuat, sesuatu yang membuat kita bertambah semangat untuk berjuang ,sehingga mulai hari ini kita pererat kerjasama dengan saudara saudara kita dari partai demokrat seluruh Indonesia sebagai salah satu teman seperjuangan selain saudara saudara kita dari partai yg telah berkoalisi terlebih dahulu,” katanya.

Kekuatan Prabowo di DPR

Setelah deklarasi dukungan dari Demokrat, Prabowo nantinya didukung oleh empat partai di DPR RI atau parlemen. Keempat partai itu yakni Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. Ada dua partai lainnya yang mendukung Prabowo namun tak terdapat di parlemen. Keduanya yakni Partai Gelora dan PBB.

Dukungan keempat partai di parlemen itu sudah melampaui ambang batas pencalonan bakal capres-cawapres atau presidential treshold sebesar 20% atau 115 kursi di DPR.

Berikut kekuatan Prabowo berdasarkan jumlah kursi parpol pendukung yang duduk di parlemen:

Fraksi Partai Gerindra 78 kursi/13,59%
Fraksi Golkar 85 kursi/14,81%
Fraksi PAN 44 kursi/7,67%
Fraksi Demokrat 54 kursi/9,41%

Total: 261kursi/45,42%.*/)dtk

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap