Dua Unit SPBU Segera Dibangun di Rote

1209
Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek,ST dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Johni Manafe,SH. saat Rapat virtual dengan Kementrian ESDM, Selasa (12/9/2023). Foto: Bidkom-DKISP

BA’A,SELATANINDONESIA.COM – Pemda Rote Ndao bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tengah merealisasikan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk memenuhi kebutuhan suplai BBM di daerah ini.

Dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan pemakaian BBM dan pemerataan suplai mendukung aktivitas masyarakat, Pemkab Rote Ndao merencanakan pembangunan dua unit SPBU di kecamatan Rote Selatan dan Kecamatan Rote Barat.

Pembangunan dua unit SPBU ini disampaikan dalam rapat kerja Program BBM Satu Harga antara Pemda Rote Ndao dan Direktorat Pembinaan Usaha Usaha Hilir Migas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (12/9/2023).

Rapat dilaksanakan secara virtual dan diikuti Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek,ST dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Johni Manafe,SH.

Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si mengatakan jumlah pemakai BBM di kecamatan Rote Selatan dan kecamatan Rote Barat serta wilayah sekitarnya memang cukup besar. Sebagian besar kebutuhan BBM di wilayah tersebut didominasi penggunaannya oleh masyarakat untuk kebutuhan pertanian, perikanan dan transportasi. Sehingga perlu didukung lembaga penyalur BBM.

SPBU di kecamatan Rote Barat misalnya, akan melayani suplai BBM di wilayah sekitar termasuk ke kecamatan Ndao Nuse. Dari sisi pendistribusian, kata Wabup Stef, SPBU ini akan semakin mendekatkan pelayanan, suplai BBM sampai ke wilayah kepulauan termasuk di kecamatan Ndao Nuse. Sejauh ini kebutuhan BBM di kecamatan Ndao Nuse masih dipasok dari SPBU Busalangga.

“Secara garis besar seperti itu. Dan saat ini sudah sementara dibangun satu unit SPBU di kecamatan Rote Barat tepatnya di Nemberala. Kami berharap pembangunannya bisa segera diselesaikan sehingga semakin mendekatkan pelayanan mensuplai BBM ke wilayah sekitar termasuk ke kecamatan Ndao Nuse. Karena dari sisi distribusi dan transportasi lebih dekat. Dan konsumsi BBM mayoritas adalah untuk pertanian, perikanan dan jasa transportasi,” ungkap Wabup Stef.

Sementara pembangunan SPBU di kecamatan Rote Selatan, lanjut Wabup Stef, secara demografi didukung dengan jumlah penduduk dan pemakai BBM yang cukup besar. Sebab selain melayani kebutuhan BBM di 7 desa di kecamatan Rote Selatan juga akan menjangkau sekitar 12 desa di kecamatan terdekat.

“Secara demografi jumlah penduduk dan pemakaian BBM cukup besar. Selain itu, SPBU ini juga bisa diakses oleh wilayah-wilayah sekitar. Misalnya SPBU di Rote Selatan bisa melayani 7 desa yang ada di kecamatan Rote Selatan dan juga 12 desa lain di sekitar kecamatan Rote Selatan. Ada dari kecamatan Lobalain dan desa terdekat dari kecamatan Pantai Baru,” jelas Wabup Stef Wabp Stef.*/Bidkom-DKISP)

Editor: Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap