Menteri Bintang dan Perempuan Pulau Batu

254
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga dan Pulau Solor tepatnya Kampung Nelayan di Desa Motonwutun, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Foto diambil dari atas bukit) oleh POSKUPANG/Dionisius Rebon

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Perempuan itu

Kemarin membangun telaga dengan air mata
Dan peluh yang seakan bermataair

Ia genggam api di tangan
Lalu merebus batu dengan darah
Di jantungnya

Kini perempuan di pulau batu itu

Mengunyah bulan yang gugur di telapak!

Puisi karya Yoseph Lagadoni Herin, mantan Bupati Flores Timur itu dibuat di Jakarta pada Desember 2008 yang dipersembahkan untuk ibundanya di Pulau Solor. Pulau yang dikenal tandus dan gersang namun melahirkan begitu banyak pemimpin serta rohaniwan dan rohaniwati yang menyebar di seluruh pelosok dunia.

Hari ini, Rabu (24/5/2023) Pulau Solor akan dikunjungi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga. Menteri Bintang dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Desa Wulublolong, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur.

Plt. Sekda Kabupaten Flores Timur, Petrus Pedo Maran kepada SelatanIndonesia.com menyebut, Menteri Bintang akan menggelar audiensi dengan perwakilan LSM dan pihak lain terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan pemberdayaan ekonomi perempuan di wilayah Pulau Solor. “Beliau ingin melihat langsung aktivitas dan kerja lembaga yang konsen terhadap TPPO yang selama ini ada di Flotim. Ibu Menteri ingin bergandengan dengan kelompok yang selama ini melakukan advokasi di tengah masyarakat, terutama para penyintas atau korban TPPO,” sebut Pedo Maran.

Disebutkan Pedo Maran, desa Wulublolong juga merupakan lokasi aktivitas para pegiat perempuan yang tergabung dalam kelompok Dua Anyam. “Ibu Menteri akan bertemu para perempuan penganyam di Desa Wulublolong untuk memberikan penguatan agar eksapansinya bisa lebih luas bisa terutama kepda para perempuan korban TPPO,” katanya.

Selain itu, Menteri Bintang juga akan memberikan bantuan paket untuk kelompok perempuan. “Kita berharap beliau bisa berkesmpatan melihat bayi kembar siam yang belum lama ini dioperasi di RSUD dr. Henndrikus Fernandez,” katanya.

Pedo Maran mengatakan, kunjungan Menteri Bintang menjadi suka cita dan berkat bagi Flotim terutama di Pulau Solor. “Kita merasa bersyukur karena Ibu Menteri bisa mengunjungi Flotim. Semoga kehadiran Ibu Menteri Bintang bisa membawa perubahan bagi kita di Flotim,” katanya.

Dijadwalkan Menteri Bintang dan rombongan akan tiba di Bandara Gewayantana Larantuka Pukul 13.45 Wita. Selanjutnya menuju ke Pelabuhan Larantuka untuk menyebrang ke Solor menggunakan kapal cepat.

Pukul 15.00 Wita, Menteri Bintang dan rombongan tiba di Pelabuhan Lewokaha dan menuju ke Kantor Desa Wulublolong, Kecamatan Solor Timur. Usai melakukan serangkaian agenda di Pulau Solor, Menteri Bintang akan kembali ke Larantuka pada Pukul 19.00 Wita dan dijamu makan malam. Selanjutnya dengan perjalanan darat menuju Maumere Kabupaten Sikka. Ia dijadwalkan bermalam di Maumere dan keesokan harinya ke Kupang untuk selanjutnya kembali ke Jakarta. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap