Umbu Rudi Kabunang, Pengacara Nasional Asal Sumba Siap Berkibar di Senayan Lewat Partai Golkar

568
Dr. Umbu Kabunang Rudi YH SH.,MH.,CLI.

JAKARTA,SELATANINDONESIA.COM –  Namanya sudah terkenal luas se antero Nusa Tenggara Timur, khususnya di daratan Sumba. Dia dikenal sebagai pengacara Nasional selalu membela kepentingan masyarakat di pelosok-pelosok desa di Sumba yang mengalami pendindasan dan ketidakadilan hukum. Namanya, Dr. Umbu Kabunang Rudi YH SH.,MH.,CLI.

Tidak jarang, ia melawan intitiusi peradilan yang dinilainya melakukan penindasan terhadap rakyat kecil di Sumba. Kini, Umbu Rudi Kabunang, sapaan akrabnya, dengan kepala tegak bersama Partai Golkar melaju ke Senayan menjadi Calon Anggota DPR RI Dapil NTT II yang meliputi, Sumba, Timor, Sabu dan Rote Ndao.

Nama Umbu Rudi Kabunang secara resmi telah terdaftar di KPU RI hari ini, Minggu (14/5/2023) bersama Ketua DPD I Partai Golkar NTT yang kini Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan lima bacaleg Golkar lainnya.

Umbu Rudi Kabunang punya niatan yang mulia untuk membangun kampung halamannya melalui jalur politik bersama Partai Golkar. Bagi dia, Golkar adalah partai yang secara turun temurun telah tertanam dalam lingkugan keluarganya. Ayahnya Umbu Nggoeli Hunga, MBA adalah tokoh Golkar Sumba Timur. Kini ayahnya sudah berusia 90 tahun dan menetap di kampung halamnya di Praing Kambauni, Desa Praibakul, Kecamatan Matawailapau, Kabupaten Sumba Timur.

Ia meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya Jakarta, dan S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (Iblun) Jakarta serta S1 di Ubivesrsitas Janabadra Yogyakarta. Umbu Rudi Kabunang adalah alumni SMA Negeri 1 Kupang yang lulus tahun 1989.

Umbu Rudi Kabunang meniti karir politiknya di Partai Golkar sebagai anggota AMPG di Partai Golkar Kota Semarang sejak tahun 2003. Sejak tahun 2007 Umbu Rudi Kabunang sudah beraktifitas di Jakarta sebagai pengacara hingga saat ini.

Sebagai bentuk keberpihakannya pada masyarakat kecil di pedalam Sumba, Umbu Rudi Kabunang mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sumba. “LBH ini saya dirikan karena kepedulin saya pada hak-hak hukum masayarakat. Sekarang LBH sudah terbentuk di empat Kabupaten di Sumba dan akan berkembang ke seluruh Kabupaten dan Kota se NTT,” sebut Umbu Rudi Kabunang kepada SelatanIndonesia.com, Minggu (14/5/2023).

Umbu Rudi Kabunang saat ini dipercayakan sebagai Penasehat Organisasi Motor Besar Indonesia yang Ketua Pembinanya adalah Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Bambang Soesatyo. Ia juga menjadi pengurus Perbakin DKI Jakarta serta pengurus DPP KADIN.

Umbu Rudi Kabunang diberikan kepercayaan menjadi Ketua Bidang Hukum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat. Juga Ketua Bidang Hukum Organisasi Gerak BS bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sebagai Pembina. Ia juga sering kali menjadi pengacar bagi para artis, politis, para Kepala Daerah dan pengusaha beken ketika tersangkut masalah hukum di KPK. Ia juga sebagai Ketua DPD 1 Kongres Advokat Indonesia.Bahkan ia menjadi Kuasa Hukum tetap Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Di kalangan komunitas Gereja, Umbu Rudi Kabunang diberikan kepercayaan sebagai Pengurus Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pusat. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap