KADIN Bantu Oxigen Generator Senilai Rp 1,3 M di RSUD dr. T.C. Hillers, Bupati Sikka: Ini Menyelamatkan Nyawa Orang Flores

74
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau yang akrab disapa Roby Idong bersama Ketua Umum KADIN NTT Bobby Lianto didampingi Ketua KADIN Sikka Harry Japira mjersemikan pemanfaatan Oxigen Generator bantuan dari Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid di RSUD dr. T. C. Hillers Maumere, Kabupaten Sikka, Rabu (18/1/2023) Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

MAUMERE,SELATANINDONESIA.COM – Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid memberikan bantuan berupa satu unit Oxigen Generator senilai Rp 1,3 Milyard untuk RSUD dr. T.C. Hillers Maumere, Kabupaten Sikka. Bantuan dari Ketum KADIN tersebut diserahkan oleh Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto didampingi Ketua KADIN Sikka Harry Japira kepada Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau yang akrab disapa Roby Idong di RSUD tersebut, Rabu (18/1/2023).

Bupati Roby Idong yang saat itu sekaligus meresmikan Ruang Mesin Oxigen RSUD dr. T.C. Hillers Maumere menyebut, bantuan KADIN itu sangat tepat sesuai dengan kebutuhan masayarakat. Bahkan, menurutnya bantuan Oxigen Generator itu mampu menyelamatkan nyawa manusia di Sikka dan Flores pada umumnya.

“Ini kebutuhan yang sangat tepat bagi kami di Sikka. KADIN sangat cerdas, bantuan ini sungguh mulia karena menyelamatkan hidup banyak orang, tidak hanya di Sikka tetapi juga seluruh Flores. Selama ini hanya satu saja untuk seluruh NTT yaitu di Kupang, sehingga bantuan ini bagi kami sangat luar biasa. Sampaiakn salam hormat kami untuk Ketua Umum KADIN Indonesia, Bapak Arsjad Rasjid. Kami doakan semoga sehat selalu membangun negeri ini bersama KADIN,” ujar Bupati Robby Idong.

Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto mengatakan, bantuan yang diberikan oleh KADIN Indonesia berupa Oxigen Generator itu berawal ketika pandemic Covid-19 melanda dunia. “Kita tahu bahwa Ketika pandemic Covid, kita semua kewalahan dengan oxygen. Dan kita baru sadari bahwa selama ini oxygen didatangkan dari Jawa selain di NTT yang hanya ada satu di Kupang. Sedangkan daerah Flores dan Sumba tidak ada,” sebut Bobby Lianto.

Disebutkan Bobby Lianto, Provinsi NTT mendapatkan dukungan oxygen generator dari Ketua Umum KADIN Indonesia dua unit. “Kami memilih dua tempat yang strategis untuk wilayah Sumba di RSUD Waikabubak, Sumba Barat dan di Flores kami menempatkan ini di RSUD dr. T.C. Hillers Maumere. Ini bukan hanya memenuhi kebutuhan oxygen di RSUD ini tetapi juga untuk bisa mensuplay kebutuhan oxygen bagi kabupaten lain di daratan Flores sampai Lembata,” katanya.

Ia menambahkan, KADIN NTT juga selalu melakukan vaksinasi di seluruh wilayah di NTT dengan biaya gotong royong dari seluruh anggota KADIN. “Jadi kami lakukan vaksinasi masal selama ini bukan dengan biaya dari pemerintah. Semua murni hasil patungan anggota KADIN. Bahkan kami sebelumnya memberikan bantuan tabung oxygen dan dua unit oxygen konsentrator, seperti mini pabriknya tetapi dipakikan langsung ke pasien,” jelas Bobby Lianto.

Bobby Lianto juga menyampaikan salam hormat dari Ketum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid untuk Bupati Sikka dan seluruh masyarakat Sikka dan pulau Flores. “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan mampu menolong nyawa sesame kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Direktris RSUD dr. T. C. Hillers Maumere dr. Yosefina Clara Francis mengatakan, kehadiran oxygen generator ini sangat membantu pemenuhan kebutuhan pelanayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat khsusunya kegawatdaruratan dan dapat mencegah kecacatan dan kematian. “Ini peralatan untuk memberikan pelayanan emergensi. Mesin ini secara teknis kemampuannya dalam satu hari bisa memproduksi 60 tabung. Dengan sekali pengisian tiga tabung dalam waktu 45 menit,” sebutnya.

Dikatakan dr. Yosefina, kebutuhan oxygen di RSUD dr. T.C. Hillers selama ini 25 tabung dalam sehari sehingga, sebulan sekitar 750 tabung. “Dengan hadirnya mesin oxygen ini kebutuhan kami di RSUD ini bisa terpenuhi. Bahkan kami bisa mensuplay untuk kebutuhan di fasilitas kesehatan lainnya,” ujar dr. Yosefina.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap