Lukman Riberu Kibarkan Visi Flotim Baru-Flotim Sejahtera dan Bermartabat

166
Lukman Riberu (kedua dari kiri) ketika bersilahturahmi ke DPD II Partai Golkar Kabupaten Flores Timur beberapa waktu lalu. Foto: Dok.Golkar Flotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Namanya kini beredar luas di jagad Flores Timur sebagai salah satu calon Bupati Flotim pada Pilkada tahun 2024 mendatang. Dia pernah ikut bertarung pada Pilkada Flotim tahun 2017 silam namun kalah.

Niatnya untuk membangun kampung halamnnya dikemas dalam visi besar Wujudkan Flotim Baru-Flotim Sejahtera dan Bermartabat. Nama lengkapnya Dr. Drs. Yoseph Antonius Titus Lukman Riberu, M. Si yang lebih akrab dikenal Lukman Riberu.

Pria kelahiran Kupang, 6 Februari 1957 ini adalah pensiunan PNS yang juga Ketua Yayasan Nusantara Indah dan Ketua Perkumpulan Badan Pendidikan Karya Bangsa Sintang. Ia menyatakan dirinya maju menjadi calon Bupati Flotim tahun 2024. “Ya benar, saya akan maju sebagai Calon Bupati Flotim di Pilkada 2024 nanti,” sebut Lukman Riberu menjawab SelatanIndonesia.com, Rabu (22/6/2022).

Lukman mengaku, didorong keprihatinannya dengan keadaan dan kondisi Flotim saat ini yang tidak berkembang dengan baik sesuai harapan masyarakat Flotim hampir di semua sektor.

Baca Juga:  Hadiri Tahbisan 10 Imam di TTU, Wagub: Jadilah Duta NTT di Luar Negeri

Menurut Doktor Ilmu Administrasi jebolan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya ini, Flotim memiliki titik kuat pada hasil pertanian, perkebunan, pariwisata dan perikanan yang belum secara optimal dikelola. “Sedangkan titik lemahnya Flotim adalah para birokrat yang lemah, bermental asal Bapak senang. Dan, penempatan birokrat hanya dengan pertimbangan suka dan tidak suka, sehingga perlu reformasi birokrasi,” tegas Lukman Riberu.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang ini mengatakan, sektor yang menjadi prioritas jika ia dipercayakan menjadi Bupati Flotim adalah sector ekonomi dan reformasi birokrasi.

Ia juga mengakui beberapa waktu terakhir ia rajin melakukan sosialisasi diri di tengah masyarakat Flotim di berbagai titik. Bahkan, banyak aspirasi yang diterimanya dari warga Flotim yang mengharapkan perubahan. “Aspirasi yang saya tangkap adalah yang berkaitan dengan ekonomi, lapangan pekerjaan, infrastruktur dan birokrasi agar ditata secara maksimal,” katanya.

Baca Juga:  Warga Enggan Rapid Test, Agus Boli Desak Kades untuk Lockdown Sagu

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat Flotim untuk bersama wujudkan Flotim baru yang lebih sejahtera dan bermartabat melalui sejumlah aksi. Untuk mewujdukan visinya itu, Lukman Riberu mengatakan, pembangunan pendidikan insan yang cerdas, produktif dan berdaya saing tinggi yang berakar pada budaya Lamaholot.

“Pembangunan kesehatan yang menyeluruh, adil, terjangkau dan berkualitas. Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar bagi pengembangan potensi ekonomi dan sumber daya manusia untuk kemajuan masyarakat. Perwujudan masyarakat yang bertaqwa, berbudaya, tertib dan taat hukum. Serta Pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis pedesaan, pariwisata dan kemaritiman untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui Perwujudan peran BUMD, untuk mengelola potensi daerah  juga BUMDES dalam memanfaatkan sumber daya alam dan memasarkan produk-produk tersebut,” sebutnya.

Baca Juga:  BI Fast Tambah 22 Peserta, Salah Satunya Bank NTT

Yang tidak kalah pentingnya adalah Reformasi Birokrasi dengan menata dan mengelola manajemen pemerintah daerah sesuai prinsip tata kelola pemerintah yang baik dan bersih.

“Untuk mewujudkan hal-hal di atas akan dilakukan beberapa penggerak utama (Prime Mover) yaitu mengembangkan kabupaten Flotim sebagai kabupaten maritim dengan unggulan perikanan, pariwisata dan potensi lainnya. Membangun Kabupaten Flotim dari pinggiran, hilirisasi produk, kegawatdaruratan infrastruktur, Penataan dan pemekaran Ibukota Larantuka serta Reformasi Birokrasi,” ujarnya,

Nama Lukman Riberu msuk dalam bursa salah satu calon bupati Flores Timur dari Partai Golkar. Kini, Partai Golkar sedang melakukan berbagai tahapan proses di internal untuk menentukan siapa sosok yang diusung dalam setiap Pilkada, salah satunya adalah melalui tahapan survey.***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap