Apel Gelar Pasukan Jelang Kunker Presiden, Pangdam: Kita Kuat Bersama Rakyat

107
Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., ketika memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta Rombongan di Provinsi NTT dalam rangka menghadiri Peringatan Hari Lahirnya Pancasila bertempat di Lapangan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Kabupaten Ende, Selasa (31/05/22). Foto: Penrem

ENDE,SELATANINDONESIA.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ende, Ngada dan Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kunjungan Kepala Negara itu juga dalam rangka menghadiri Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2022 di Kabupaten Ende.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., menyebut, kunjungan kerja Presiden RI beserta Rombongan ke Provinsi NTT merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara kepada NTT.

“Untuk itu, kita harus junjung tinggi kehormatan dan kepercayaan tersebut dengan berbuat maksimal agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Dalam pelaksanaan tugas di lapangan akan selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat, oleh karena itu jalin komunikasi yang baik dengan masyarakat karena kita kuat bersama rakyat,” sebut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam arahannya yang dibacakan oleh Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., ketika memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta Rombongan di Provinsi NTT dalam rangka menghadiri Peringatan Hari Lahirnya Pancasila bertempat di Lapangan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Kabupaten Ende, Selasa (31/05/22).

Baca Juga:  Yang Cerdas dari Yudi Umbu Rawambaku, Penerima Asidewi Award

Disebutkan, Kodam IX/Udayana selaku Kogasgabpad Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama dengan Polda, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP.

Mayjen Sonny mengatakan, segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP harus selalu dimulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas. “Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan maksimal,” tegsnya.

Baca Juga:  Ada Texas di Sumba Timur

Dikatakan, Apel Gelar Pasukan sangat perlu dilaksanakan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan Satgasgabpad maupun Subsatgasgabpad secara keseluruhan. Baik personel maupun materiil, sarana pendukung serta pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab masing-masing sesuai rangkaian kegiatan yang telah diagendakan.

“Selain itu, apel pengecekan ini juga sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi hambatan sekecil apapun. Manakala terjadi hambatan dapat segera diatasi,” ujarnya.

Majen Sonny menambahkan, personel yang tergabung dalam Satgasgabpad Pam VVIP harus memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin, jangan lengah serta ragu dalam bertindak. “Laksanakan koordinasi yang baik dengan semua unsur yang terlibat serta cermati dan laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di lapangan. Yang terpenting, utamakan faktor keamanan personel dan materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga:  Hari Ini 14 Warga Manggarai Positif Covid

Ia menambahkan, apa yang disampaikan itu agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan dapat berjalan aman, tertib dan lancer.

Turut hadir pada kegitan apel gelar pasukan dalam rangka Kunker RI di wilayah Kabupaten Ende yaitu Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., Bupati Ende Djafar Achkamd, Dansat Brimob Polda NTT, Kasiops Kasrem 161/WS, Karo Ops Polda NTT, Waasops Kasdam IX/Udy dan seluruh Anggota TNI-Polri serta istansi terkait.*/)Penrem

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap