Besok Minggu, Gubernur Laiskodat Lantik Penjabat Bupati Flotim dan Lembata

811
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM –  Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat dijadwalkan bakal melantik Penjabat Bupati Flores Timur dan Lembata. Pelantikan tersebut akan berlangusung besok Minggu (22/5/2022) bertempat di Aula El Tari, Kantor Gubernur NTT, Pukul 12.00 WITA.

Dalam undangan yang diperoleh SelatanIndonesia.com, Sabtu (21/5/2022) disebutkan, Gubernur NTT atas nama Presiden Republik Indonesia akan melakukan pengambilan Janji Jabatan dan Pelantikan Penjabat Bupati Flores Timur dan Penjabat Bupati Lembata. Undangan tersebut ditandatangani oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT, Ganef Wurgiyanto, A.PI.

Diberitakan sebelumnya, pertanyaan publik tentang siapa yang menjadi Penjabat Bupati Flores Timur dan Lembata yang diusulkan Gubernur NTT ke Mendagri terjawab sudah. Gubernur Laiskodat mengusulkan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Doris Rihi sebagai Penjabat Bupati Flores Timur dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadat Satu Pintu (DPMPTSP) NTT, Marianus Djawa sebagai Penjabat Bupati Lembata.

Baca Juga:  Gubernur Laiskodat: Tidak Ada Daerah yang Bangkrut Karena Pinjaman

Dilansir dari Victorynews.id, Gubernur Liskodat mengusulkan Doris Rihi dan Marsianus Djawa sebagai Penjabat Bupati Lembata dan Flores TImur. Meski Gubernur Laiskodat tidak menjelaskan detail Doris Rihi akan diusulkan menjadi Penjabat Bupati Flores Timur atau Lembata. Begitupula terkait usulan untuk Marsianus Djawa. “Doris dan Marianus,” kata Gubernur Laiskodat singkat ketika diwawancarai Victorynews.id, Selasa (5/4/2022) sore.

Baca Juga:  Kado Indah Gubernur Laiskodat di HUT Bank NTT ke-59 yang Super Smart

Terkait Penjabat Wali Kota Kupang, Gubernur Laiskodat mengaku belum mengusulkan. “Baru dua itu saja, satunya kan bulan Agustus,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat hanya mengusulkan ke Mendagri satu nama pejabat setiap daerah untuk ditetapkan menjadi Penjabat Bupati Flores Timur, Lembata dan Walikota Kupang.

“Sejaka awal dari penentuan PJs Bupati pada September 2020 lalu, Bapak Gubernur hanya usulkan satu nama. Memang dalam regulasi tidak disebutkan jumlah. Jadi usul satu nama saja untuk masing-masing Kabupaten. Tentang nama siapa saja yang diusulkan, saya tidak bisa sebut,” ujar Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Doris Rihi kepada SelatanIndonesia.com, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga:  Gubernur Laiskodat Bakal Luncurkan TJPS di Sumba Tengah

Ada tiga daerah yaitu Kota Kupang, Flores Timur, dan Lembata yang masa jabatan Kepala Daerah akan selesai pada tahun 2022. Untuk Kabupaten Flotim dan Lembata akan selesai pada 22 Mei 2022, dan proses untuk mendapatkan penjabat Bupati sebegaia manat dalam pasal  201 UU 10 Tahun 2016 telah dilakukan oleh Pemprov NTT. “Bapak Gubernur telah mengusulkan pejabat-pejabat untuk ditetapkan Mendagri sebagai Penjabat Bupati Flotim dan Lembata sudah sejak 9 Maret 2022 yang lalu,” sebut Doris Rihi.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap