Gubernur Laiskodat Bicara Soal Kasus Percobaan Pembunuhan Wartawan Fabi Latuan

1391
Para terduga pelaku percobaan pembunuhan terhadap wartawan/pimpinan redakasi Suaraflobamora.com, Fabi Latuan ketika digiring di Mapolresta Kupang, Jumat (6/5/2022).

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat angkat bicara tentang kasus percobaan pembunhan terhadap Wartawan/Pimpinan Redaksi Suaraflobamor.com, Fabi Latuan yang terjadi pada 26 April 2022 silam.

Kepada wartawan di Aula El Tari, Senin (9/5/2022), Gubernur Laiskodat mengatakan, penanganan kasus tersebut diserahkan sepenuhnya kepada apparat kepolisian. ““Saya sebagai Gubernur yang bertanggungjawab atas kasus pemukulan wartawan Fabi Latuan, serahkan kepada polisi untuk usut sampai tuntas, itu saja dulu,” tegas Gubernur Laiskodat dilansir dari Expontt.com.

Tidak hanya Gubernur Laiskodat, Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto juga memberikan perhatian serius kepada penanganan kasus percobaan pembunuhan yang dinilai oleh banyak pihak sebagai upaya pembunhan terhadap demokrasi di NTT. “Kita sudah tangkap para pelaku dan saya sudah instruksikan anggota kita untuk usut sampai tuntas,” tegas Jenderal Bintang Dua yang pernah menjabat Direktur Penyidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi ini.

Baca Juga:  Meski Rutin Kawal Gubernur Laiskodat, Hasil Swab Seluruh Ajudan Negatif

Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Resort Kupang Kota tengah menelusuri aktor intelektual dibalik peristiwa percobaan pembunuhan yang dilakukan kepada wartawan seklaigus Pemred Suaraflobamor, Fabi Latuan pada Selasa 26 April 2022 silam.

Untuk menemukan siapa aktor intelektual dibalik peristiwa keji itu, aparat Polres Kupang Kota telah berhasil menangkap lima orang diduga pelaku, meski salah satunya masih dalam pengejaran.

Kapolresta Kupang Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto kepada wartawan di Kupang, Jumat (6/5/2022) mengatakan, kelima orang itu dari informasi yang ada mereka tidak punya pekerjaan tetap.

Menurut Kapolresta Kombes Krisna, berdasarkan bukti permulaan yang cukup dan alat bukti yang cukup, kelima orang ini ditangkap di Samarinda, Kalimantan Timur.

“Kami masih terus mendalami motif dari tindakan kekerasan ini. Yang jelas ini tindak pidana kekerasan yang korbannya sudah ada,” sebutnya.

Baca Juga:  Petrus Gero: Alihkan Dana Mobil Dinas Pimpinan DPRD dan Bimtek untuk Covid-19

Tentang kemungkinan ada pihak yang membiayai perjalanan kelima tersangka dari Kupang ke Balikpapan dan ke Jakarta, Kapolresta Kombes Krisna mengatakan, polisi terus melakukan pendalaman. “Ini masih dilakukan pendalaman karena berdasarkan hasil penyidikan dan pemantauan di jejak digital, ternyata perjalanan mereka sangat panjang sampai ke Balikpapan dan mau ke Jakarta,” katanya.

Diketahui, lima dari enama pelaku pencobaan pembunuhan terhadap wartawan/Pemred Media Suaraflobamor Fabi Latuan usai diundang menghadiri konferensi pers bersama jajaran Direksi PT Flobamor, Rabu 26 April 2022 silam sudah dibekuk aparat Polres Kupang Kota.

Kapolresta Kupang Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto kepada wartawan di Kupang, Jumat (6/5/2022) mengatakan, sejak awal kejadian percobaan pembunuhan terhadap Fabi Latuan 26 April 2022 lalu, pihak Kepolisian sudah melakukan penyelidikan. “Kemudian pada  tanggal 28 Arpil kita mengidentifikasi salah satu tersangka dan kita dalami dan ditindaklanjuti dengan melakukan pemantauan kepada beberapa tersangka lainnya,” sebut Kapolresta kepada wartawan di Kupang, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga:  DPRD dan Pemda Sumba Tengah Pastikan Dana untuk Berantas Hama Belalang

Disebutkan Kapolresta, dari jejak digital yang dilakukan polisi, diketahui bahwa pada tanggal 4 Mei 2022 kemarin, 4 orang tersangka diketahui namanya dan sedang  berada di Samarinda. “Kita melakukan koordinasi dengan Polda Kalimantan Timur, dan kita lakukan chroscek di bandara dan ternyata nama-nama yang diidentifikasi itu diketahui sudah membeli tiket dan sudah bersiap menuju Jakarta,” jelasnya.

Ia mengatakan, berkat dukungan doa seluruh masyarakat NTT, kelima pelaku itu sudah diamankan. “Kemarin pagi dibawa dari Balikpapan menuju Kupang dan sore ini akan tiba di Kupang. Kita sore ini juga akan melakukan penyidikan lebih dalam lagi,” tegas Kapolresta.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap