Pembangunan RSUP Kupang Sudah 66%, Jadi Pusat Layanan Jantung Terpadu

230
Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) Kemenkes RI Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp. THT-KL(K), MARS pose bersama Wagub NTT Josef A. Nae Soi dan pejabat lainnya usai Acara Penandatanganan Naskah Hibah Daerah di Lokasi Pembangunan RSUP Kupang, Kamis (24/2/2022). Foto: Remi Dosom/BiroAP

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) atau RSUP Vertikal Kemenkes yang dibangun di Kelurahan ManulaiĀ  II, Kecamatan Alak, Kota Kupang akan menjadi Pusat Pelayanan Jantung Terpadu dan akan melayani seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) Kemenkes RI Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp. THT-KL(K), MARS mengatakan itu ketika berbicara dalam Acara Penandatanganan Naskah Hibah Daerah di Lokasi Pembangunan RSUP Kupang, Kamis (24/2/2022).

ā€œTerima kasih kepada Pemprov NTT dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur dengan Forkopimda dan SKPD yangĀ membantu Kemenkes untuk bersama merealisasikan pembangunan gedung rumah sakit ini. Dengan Pemerintah NTT menghibahkan tanah seluas 18 Ha untuk pembangunan rumah sakit ini. PembangunanĀ fisik sudah sampai 66% dan target bulan juli sudah mulai beroperasi,” jelasnnya.

“Kita juga sudah masuk pada langkah pengadaaan peralatan kesehatan dengan anggaran 200 miliar. Dari yang paling standar hingga adanya CT Scan, dan radio terapi. Kita harapkan rumah sakit ini akan jadi pusat pelayanan jantung terpadu, penyakit stroke, serta pelayanan kanker,” tambahnya.

Ia mengatakan, bagi masyarakat yang sakit langsung berobat ke sini di RSUP Vertikal kupang. “Alat lengkap dengan SDM yang hebat. Kita tempatkan SDM disini adalah tenaga medis anak-anak NTT juga nantinya. Kita tempatkan dokter jantung juga disini untuk penanganan yang baik serta operasi bedah jantung disini. Kita bukan hanya layani kupang saja tetapi juga masyarakat seluruh NTT. Saya juga pesan kepada Pemprov bila ada dokter yang ingin melanjutkan studi ke jenjang spesialis juga akan kami bantu melalui beasiswa kemenkes,” ujar Prof Abdul.

Disebutkan, pentingnya membangun akses jalan yang baik untuk kendaraan serta desain taman di RSUP tersebut. “Kita juga mau akses jalan juga diperbaiki dengan desain grand hospital yaitu 60% pembangunan fisik dan 40% taman yang indah sehingga memberikan tampilan view yang indah,” ungkapnya.

Wakil Gubenur NTT, Josef Nae Soi memberi apresiasi kepada Kementerian Kesehatan. “Terima kasih Kemenkes untuk RSUP Kupang yang sementara sudah dibangun ini dan sudah mulai nampak baik. Kita usahakan agar pembangunan terus berjalan lancar dan kami koordinasikan dengan Dinas PUPR untuk bangun akses jalan yang baik disini. Kita usahakan juga ada taman juga disini hal tersebut untuk mempengaruhi psikis dari pasien menjadi lebih merasa tenang dan senang sehingga berdampak pada kesembuhannya,” ungkapnya.*/Remi Dosom/BiroAP

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap