Esports Gubernur Cup Season II, Ajang Kompetisi dan Pencarian Atlet NTT

123
Ketua Harian ESI NTT, Toni Angtariksa Dima bersama Plt. Asisten I Setda NTT, Bernadeta Usboko (atas), Ketua Panitia Gubernur Cup Season II tahun 2021, Maria Jenny Claudyanti Johandra Besin (tengah) dan para panitia (bawah) di ajang Esports Gubernur Cup Season II, Minggu (13/12/2021). Foto: Dok. Panitia

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Turnaman bergengsi Esports Gubernur Cup Season II tahun 2021 yang digelar ESI NTT telah usai pada 13 Desember 2021 lalu di Aula Eltari, Kantor Gubernur NTT. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengharapkan, ajang yang paling digemari milenial NTT itu dapat menghasilkan atlet Esports NTT yang bakal mengharumkan nama NTT di tingkat Nasional dan Internasional.

“Olahraga mempunyai sifat mempersatukan, ini sejalan dengan apa yang selalu ditekankan bahwa membangun NTT bukan butuh superman tetapi supertim. Dan dalam turnamen ini masing-masing punya tim dan butuh kerja sama dan kekompakkan,” sebut Gubernur Laiskodat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt. Asisten I Setda NTT, Bernadeta Usboko di ajang Esports Gubernur Cup Season II, Minggu (13/12/2021).

Menurut Gubernur Laiskodat, salah satu cabang olahraga baru yang banyak dimintai kaum muda saat ini adalah Esports, karena merupakan olahraga rekreasi dan prestasi. “Kerja sama tim sangat diperlukan, andalkan kemampuan, skill dan startegi serta kekompakkan tim,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi NTT, kata dia akan terus mendorong kegiatan olahraga karena mampu membentuk karakter masyaraat yang kuat, serta mampu membangun jiwa sportifitas yang tinggi. “Saya berharap, ajang ini dapat mempersatukan para atlet dan bisa menemukan bakat tersembunyi selama ini pada atlet Esports di NTT. Ini juga merupakan persiapan menyambut event bergengsi yang akan datang. Mari terus berlatih, gunakan event yang ada untuk menunjukan semua potensi diri,” sebutnya.

Ketua Umum Pengprov ESI NTT, Brigjen TNI Adrianus S. A. Nugroho. S. Sos, M. Tr (Han) mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, Pengprov ESI NTT masih bisa dan mampu menyelenggarakan Turnamen Gubernur Cup Season II ini dengan meriah. Animo dan dukungan dari peserta dan masyarakat yang begitu luar biasa. “Harapan saya semoga muncul atlet-atlet baru lagi untuk mengharumkan dan membanggakan ESI NTT,” sebut Brigjen TNI Agustinus dalam pesan WhatsApp, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga:  Tinggi Icor NTT, Gubernur Laiskodat Paparkan Strategi Pembangunan di Rakerstra OJK

Ketua Harian ESI NTT, Toni Angtariksa Dima menyampaikan apresiasi kepada Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat sebagai Pembina ESI NTT yang mendukung penuh penyelenggaraan turnamen ini. “Terima kasih tak terhingga juga untuk Ketua Umum yang walaupun tidak dapat hadir karena sedang melaksanakan tugas negara, namun terus senantiasa memotivasi, mendukung dan mengawal kepanitiaan dan pengurus sehingga dari persiapan hingga pelaksanaan turnamen dapat berjalan dan selesai dengan luar biasa,” sebutnya.

Toni menambahkan hingga saat ini sudah terbentuk ESI di 12 kabupaten/kota dan semuanya sudah melaporkan diri di Pemerintah dan KONI setempat. Diharapkan dukungan baik moril dan materill kepada atlet-atlet Esports sehingga Esports dapat berkembang pesat di masing-masing daerah di NTT.

Ketua Panitia Gubernur Cup Season II tahun 2021, Maria Jenny Claudyanti Johandra Besin, yang biasa disapa Jenny kepada SelatanIndonesia.com mengatakan, ajang itu mempertandingkan 5 nomor pertandingan yaitu LOKAPALA yang merupakan game lokal asal Indonesia, PUBG, Mobile Legend, Free Fire dan Pes Football. “Babak kualifikasi telah berlangsung secara online pada tanggal 5-9 Desember 2021 dan babak Grand Final Offline baru saja selesai di selenggarakan tanggal 12-13 Desember 2021 kemarin,” sebutnya kepada SelatanIndonesoa.com di Kupang.

Jenny menjelaskan, total hadiah yang diberikan yaitu Rp 80 Juta, selain itu para juara juga mendapatkan Piala bergilir untuk 4 nomor pertandingan yaitu PUBG, Mobile Legend, Free Fire dan PES Football yang telah diraih juara 1, Piala tetap, piagam, medali dan merchandise.

“Saya selalu Ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada para sponsor dari Bank NTT, Beta Print, Pegadaian, Telkom, Telkomsel, Kadin NTT, garudaku.com, Resam VIP media production, pro warriors, Bondi cafe n steak, JNE, Brotus, Grab, Padupadantenun, FWD, La Moringa, Resam VIP Media Production, Mozaik, RRI pro Ende, SKFM dan Pos Kupang, juga terima kasih untuk seluruh atlet, MC, panitia, keluarga dan semua orang yang mendukung kegiatan ini sehingga acara ini semarak dan sukses,” sebutnya.

Baca Juga:  Taklukkan Sulawesi Tengah, Tim Esport Mobile Legend NTT Tembus 16 Besar Pra PON Papua

Bagi dia, kesuksesan ini bukan karena kehebatannya sebagai ketua panitia. “Juga bukan karena kehebatan kami sebagai Panitia Gubernur Cup Season II, bukan karena kehebatan ESI NTT tapi semua ini karena Tuhan telah memberikan jalan bagi kami yang memang tulus untuk memajukan dan membangun Esports di NTT, dan ini adalah kesuksesan bersama. Saya juga mohon maaf jika ada banyak kekurangan karena kembali lagi semua kehidupan ini tidak ada yang sempurna kecuali Tuhan,” ujarnya.

Jasir Indra Perkasa, salah satu atlet dengan nick name BukanPlastic Juara 1 Lokapala dari team HMN Syndicated yang ditemui di veneu mengaku sangat gembira dan antusia dengan penyelenggaraan Turnamen Gubernur Cup tahun ini. “Season II kali ini lebih baik dari tahun kemaren karena nomor yang dipertandingkan lebih banyak, hadiah yang lebih besar, venue dilengkapi dengan LED sehingga kami merasa seperti sedang menonton pertandingan di bioskop,” sebutnya.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap