Poltek eLBajo Commodus dan Impian Kemitraan Pentahelix Manggarai Barat

157
Para nara sumber dalam Focus Group Discussion (FGD) dalam rangkaian Program Menara Vokasi Labuan Bajo pada Selasa, (23/11/2021) di Hotel La Prima Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Foto: Dok. Poltek eLBadjo

LABUANBAKO,SELATANINDONESIA.COM – Politeknik eLBajo Commodus menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangkaian Program Menara Vokasi Labuan Bajo pada Selasa, (23/11/2021) di Hotel La Prima Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Tampil sebagai nara sumber dalam FGD tersebut Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat, Marselinus Jeramun dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manggarai Barat, Theresia P. Asmon. Dalam diskusi tersebut beberapa rumusan dari masing-masing perwakilan pentahelix dicetuskan dengan brilian.

Pada sesi yang merumusan regulasi spesifik dan peta jalan ketenagakerjaan, sebagai pemantik diskusi, Marselinus Jeramun memaparkan beberapa kondisi di daerah Manggarai Barat seputar ketenagakerjaan diantaranya upah, jam kerja, serta mekanisme perekrutan tenaga kerja daerah. “Saya sangat mengapresiasi kehadiran Politeknik eLBajo Commodus di Manggarai Barat yang telah menginisiasi kegiatan diskusi dimana perwakilan pentahelix turut mendorong lahirnya Perda Ketenagakerjaan Kabupaten Manggarai Barat,” sebut Marselinus seperti dalam rilis yang diterima SelatanIndonesia.com.

Kadis Nakertrans Kabupaten Manggarai Barat, Theresia P. Asmon memaparkan kebijakan seputar ketenagakerjaan di Kabupaten Manggarai Barat. Ia mengungkapkan beberapa data dari hasil laporan BPS yang dirilis awal tahun 2021.

Berdasarkan hasil Sakernas, Angkatan Kerja Manggarai Barat Tahun 2020 sebanyak 124.105 orang dengan tingkat partisipasi angkatan kerja sebesar 78,52%. Ada tiga rencana program pembangunan daerah yang meliputi: Program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja; Program penempatan tenaga kerja; dan Program hubungan industrial,” sebut Theresia.

FGD dilanjutkan pada sesi 2 secara hybrid yang membahas “Pembentukan Peta Jalan Komite Vokasi Daerah” dan menghadirkan tiga narasumber yaitu Direktur Perumda Bidadari Werry Tan, Wakil Ketua Kadin Manggarai Barat Servasius Irwan Budi Setiawan, serta secara daring dengan perwakilan dari Tim Menara Vokasi Mitrasdudi Kemendikbudristek, Hedy R. Agah.

Hedy R. Agah menyampaikan kembali landasan Program Menara Vokasi dalam rangka mendorong terbentuknya suatu peta jalan kemitraan antar unsur pentahelix yang sudah terlibat sejak awal penyelenggaraan Menara Vokasi Labuan Bajo tahun 2021. “Soal “road map”, pentingnya skema kemitraan antar unsur Pentahelix yang ada di Manggarai Barat, dimana perumda Bidadari sebagai aggregator online yang akan menjalankan fungsi pemasaran online,” sebut Hedy.

Collaborate to Cut the Barriers” menjadi tagline yang diangkat oleh Perumda Bidadari yang sejalan dengan semangat Program Menara Vokasi dalam pembentukan komite vokasi daerah.

Servasius Irwan Budi Setiawan, Anggota Bidang Pariwisata Kadin Manggarai Barat mengatakan, peran Kadin sebagai mitra strategis dalam pola kemitraan unsur pentahelix. “Penting untuk dipahami bahwa pihak industri adalah end user sehingga satuan pendidikan vokasi perlu untuk terus berkolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri. Dan kerjasama yang dibangun sangat perlu untuk dipayungi oleh pemerintah daerah dan dinas-dinas di bawahnya,” sebutnya.

Kegiatan FGD ini juga dihadiri oleh BPS Mabar, Dinas Kominfo Mabar, Disparbud, Disnaker Mabar, BPOLBF, Start-Up Noabike, ASNIKOM Mabar, SMKN 3 Komodo, SMKN 2 Komodo, SMKS Sadar Wisata, SMK Swakarsa, The Jayakarta Suites Komodo, UMKM New Eden Moringa, WWF Indonesia, Bumdes S. Kolang, Kades S. Kolang, Kades Wae Lolos, KP2KP Labuan Bajo, Perumda Bidadari, KPH Mabar, PT Pos Indonesia Labuan Bajo, PT. PLN, iDive Komodo, PT. Pelindo, HPI Mabar, Koperasi Tiba Meka Mandiri, UMKM Lipa Tenun, serta beberapa media lokal yaitu TVRI, Timor Express, Patroli Pos, VoxNTT, AFBTV Kupang, Victory News.

Keseluruhan rangkaian FGD ditutup dengan diskusi terbuka pembentukan Komite Menara Vokasi Labuan Bajo dan usulan-usulan struktur organisasi yang mewakili unsur Pentahelix di Manggarai Barat. Hal ini penting untuk menjadi tindak lanjut dari keseluruhan rangkaian FGD Menara Vokasi, untuk kemudian bekerja bersama-sama demi peningkatan ekonomi dan kemajuan Manggarai Barat.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap