Laka Lena Gandeng Kemenkes Bantu 10 Ribu Rapid Antigen dan 7 Ribu Dosis Vaksin untuk Rote Ndao

41
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Yosia Adrianus Lau disambut dengan tarian Te'o Renda ketika melakukan Sosialisasi Program Kemenkes dan Vaksinasi Covid-19 di Gereja Sion Nau’hadoen, Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (21/11/ 2021).Foto: EdyNaga

BA’A,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena menggandeng Kementrian Kesehatan (Kemnekes) RI menggelar kegiatan kepedulian, kesadaran, dan pemahaman masyarakat tentang kesehatan. Kegiatan itu dikemas dalam Sosialisasi Program Kemenkes dan Vaksinasi Covid-19, bertempat di Gereja Sion Nau’hadoen, Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (21/11/ 2021).

Melki Laka Lena mengatakan, aksi itu dilakukan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap bahaya Covid-19 dan pentingnya vaksinasi. “Masih saja ada informasi-informasi tidak benar atau hoaks seputar vaksin dan vaksinasi. Kami minta masyarakat untuk menyaring seluruh informasi yang diterima dan jangan langsung percaya dan menyebarluaskannya,” sebut Melki Laka Lena.

Disebutkan Melki, pemerintah mengoptimalkan semua langkah untuk percepatan penyebarluasan vaksin ke seluruh daerah di Indonesia sehingga bisa menyentuh sampai masyarakat terpencil dan terluar. “Sampai saat ini masih ada sejumlah daerah dan target sasaran yang capaiannya rendah. Kami mengajak pihak daerah untuk menyusun strategi sesuai dengan permasalahan atau hambatan spesifik di daerah masing-masing dalam percepatan vaksinasi,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi, Melki Laka Lena juga membawa serta bantuan berupa 10 Ribu Rapid Test Antigen dan vaksin tahap 1 dan 2 sebanyak 7000 dosis dengan jenis Sinovac dan Astra Zaneka. “Vaksin ini segera didistribusikan ke masyarakat di pelosok Rote Ndao. Kedatangan vaksin dan Rapid Test Antigen secara kontinyu ke Rote ini menunjukkan bahwa stok aman dan mencukupi. Saya optimistis dapat mencapai target vaksinasi 70 persen masyarakat Rote Ndao pada akhir 2021,” ujarnya.

Politisi dan Apoteker ini mengajak seluruh masyarakat agar segera melakukan vaksinasi. Bahkan ia meminta masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin karena semua vaksin aman dan berkhasiat. “Saya juga minta masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Hal ini diperlukan karena vaksin bukanlah satu-satunya benteng perlindungan dari Covid-19,” sebut Melki.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena didampingi Ketua IIPG NTT Ny. Asty Laka Lena pose bersama para okoh adat usai Sosialisasi Program Kemenkes dan Vaksinasi Covid-19 di Gereja Sion Nau’hadoen, Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (21/11/ 2021).Foto: EdyNaga

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, dr. Nelly F. Riwu menyampaikan apresiasi atas perhatian Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena bagi Rote Ndao. “Terima kasih kepada Pak Melki Laka Lena dan Partai Golkar melalui Yellow Clinik yang telah berkontribusi besar kepada masyarakat Rote Ndao untuk vaksin Covid-19.Harapan saya kepada masyarakat Rote Ndao untuk mau divaksin, jangan takut karena vaksinasi ini untuk meningkatkan imunitas tubuh kita, agar terhindar dari penyebaran Covid-19,” sebutnya.

Kadinkes dr.Nelly mengatakan, jumlah kasus Covid-19 di Wilayah Kabupaten Rote Ndao saat ini tercatat 1.888, dan dinyatakan sembuh sebanyak 1.809, yang meninggal dunia 30 orang. Dan, total kasus yang masih aktif sebanyak 49 orang. “Saat ini 2 orang sedang isolasi terpusat di Rusun Ne’e, sedangkan 47 orang isolasi mandiri dalam pantauan tenaga medis,” katanya.

Rombongan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena saat itu disambut secara adat oleh tokoh masyarakat dan Ketua Majelis Sion Nahaduoen dengan tarian adat. Turut mendampingi Melki Laka Lena, Ketua IIPG Provini NTT Ny. Asty Laka Lena. Hadir pula Perwakilan Kemenkes RI, Wakil Ketua DPRD Rote Ndao Yosia A. Lau, Anggota DPRD yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Meksi Mooy, dan Wakil Ketua Partai Golkar Rote Ndao Ricki Ndolu, Ketua Majelis Jemaat GMIT Sion Nahaduoen Pdt. John Wilkif Ballo,S.Th,M.Si.

Usai kegiatan sosialisasi, dilakukan penyerahan bingkisan dari Melki Laka Lena kepada masyarakat secara simbolis yang diterima oleh tokoh masyarakat. Terpantau, kegiatan sosialisasi berjalan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) dan melibatkan anggota Polsek Lobalain dipimpin oleh Kapolsek Ipda I Gede Putu Parwata, SH.*)BangOten

Editor: Laurens Leba Tukan

Baca Juga:  Jika Ada Kasus Covid-19 di NTT, Gubernur Laiskodat Siapkan Anggaran Sewa Pesawat
Center Align Buttons in Bootstrap